Info

Varian Virus Corona Yorkshire dengan 3 Mutasi, Berapa Risiko Penularannya?

Para ilmuwan membahas tentang seberapa besar risiko penularan varian virus corona dengan 3 mutasi di Yorkshire.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

virus corona Covid-19. (Pixabay)
virus corona Covid-19. (Pixabay)

Himedik.com - Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan varian baru virus corona dengan 3 mutasi di Yorkshire. Varian virus corona ini cukup menjadi perhatian karena dikhawatirkan kebal terhadap vaksin Covid-19.

Ilmuwan pun menduga varian virus corona Yorkshire ini lebih infektif dan invasif, sehingga lebih mudah menular dan menyebar dengan cepat serta bisa lolos dari sistem kekebalan tubuh.

Varian baru virus corona dengan 3 mutasi yang ditemukan di Yorkshire ini dikenal sebagai AV.1 atau VUI-21MAY-0. Saat ini, Public Health England (PHE) memberi label varian virus corona Yorkshire ini sebagai "varian dalam penyelidikan" karena mutasi yang ada 3 macam dan tidak biasa.

Mutasi rangkap tiga dari varian virus corona Yorkshire ini juga ditemukan dalam varian virus corona lainnya, salah satunya E484K. Para ilmuwan telah menemukan mutasi E494K ini pada varian virus corona India sebelumnya.

Para peneliti menemukan mutasi ini bisa berdampak pada kemampuan sistem kekebalan untuk melawan infeksi. Ada pula mutasi P681H dalam varian virus corona Yorkshire.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Sebelumnya, ilmuwan telah menemukan mutasi P681H ini dalam varian virus corona Inggris yang bisa meningkatkan penularan virusnya. Oleh sebab itu, para ilmuwan menduga varian virus corona Yorkshire lebih menular karena memiliki mutasi P681H.

Mutasi lainnya yang ditemukan dalam varian virus corona Yorkshire adalah N439K, yakni mutasi yang membantu virus menyerang tubuh dan bisa lolos dari sistem kekebalan yang sudah terbentuk.

Meskipun ketiga mutasi itu membuat varian virus corona Yorkshire terlihat mengancam, tapi para ahli berpesan agar semua orang tidak perlu khawatir.

"Tolong jangan khawatir. Kami ingin Anda tetap menjalani protokol kesehatan yang sudah dikehendaki," kata Greg Fell, direktur kesehatan masyarakat di Sheffield dikutip dari Express.

Anda tetap harus memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun demi melindungi diri dari penularan varian virus corona Covid-19.

 

Berita Terkait

Berita Terkini