Info

Jangan Berlebihan Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini, Dampaknya Buruk pada Tubuh!

Konsumsi makanan sehat tertentu secara berlebihan dan terlalu sering justru buruk untuk kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi menu makanan sehat. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi menu makanan sehat. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Banyak orang tertarik konsumsi makanan sehat, karena baik untuk kesehatan tubuh dan lebih aman dikonsumsi setiap harinya. 

Faktanya, makanan sehat sekalipun bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda bila dikonsumsi berlebihan. Meskipun, makanan yang Anda konsumsi tinggi nutrisi dan rendah kalori.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa makanan sehat yang harusnya tidak boleh dikonsumsi berlebihan. 

1. Brokoli

Semangkuk brokoli mentah mengandung 31 kalori, 6 gram karbohidrat dan 0,3 gram lemak. Brokoli juga kaya serat, protein, vitamin C, kalium, vitamin dan mineral lainnya.

Tapi, penelitian telah menemukan bahwa konsumsi terlalu banyak brokoli dan sayuran cruciferous lainnya, termasuk sayuran kangkong, kembang kol, kubis, kubis brussel bisa menyebabkan iritasi usus atau perut kembung.

Makan brokoli dan sejenisnya secara berlebihan bisa menimbulkan efek negatif pada orang yang mengonsumsi obat jantung dan pengencer darah karena kandungan vitamin K yang tinggi.

Ilustrasi brokoli (unsplash.com/Louis Hansel)
Ilustrasi brokoli (unsplash.com/Louis Hansel)

2. Salmon

Salmon adalah sumber protein tanpa lemak dan asam lemak omega-3 yang baik untuk mengurangi peradangan. Satu porsi salmon atau sekitar 3 ons memenuhi hampir 30 persen kebutuhan protein harian orang dewasa.

Tapi, konsumsi salmon berlebihan bisa berdampak negatif pada darah trombosit. Penelitian juga menemukan makan terlalu banyak salmon bisa meningkatkan kadar merkuri dalam darah.

Salmon yang dibudidayakan Ternyata memiliki hampir 2 kali lipat jumlah lemak dan kalori. Penelitian terbaru juga menemukan bahwa salmon yang dibudidayakan berkaitan dengan obesitas dengan jumlah polutan dan kimia yang bisa ditemukan di perairan pertainan.

3. Kayu manis

Kayu manis dianggap sebagai makanan super karena kandungan antioksidan yang tinggi, mampu menurunkan kadar gula darah, mengurangi peradangan dan mencegah penyakit jantung. Tapi, kita hanya bisa mengonsumsi kayu manis dalam satu sendok teh sehari.

Penelitian telah mengungkapkan terlalu banyak konsumsi kayu manis bisa menjadi racyn dalam tubuh karena kandungan coumarinnya. Coumarin ini sangat berbahaya bagi orang dengan masalah hati.

4. Alpukat

Alpukat juga termasuk makanan super yang kaya kandungan gizinya. Makan satu porsi Alpukat bisa memenuhi seperempat kebutuhan vitamin K orang dewasa, seperlima dari kebutuhan folat harian kita dan sepersepuluh kebutuhan vitamin E harian kita.

Buah alpukat juga kaya omega-3, tapi terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan peradangan, kembung dan sakit perut. Karena sifat lemaknya, Alpukat tidak hanya padat nutrisi tetapi juga tinggi kalori yang bisa menyebabkan penambahan berat badan.

5. Tuna

Ikan tuna adalah ikan yang kaya omega-3 dan vitamin B12. Penelitian menunjukkan makan tuna baik untuk jantung, memperkuat kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Tapi, tuna mengandung merkuri yang berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak atau terlalu sering. Keracunan merkuri bisa menyebabkan hilangnya ingatan, penglihatan, tremor dan mati rasa.

Berita Terkait

Berita Terkini