Info

Simak 5 Penyakit Langka dan Misterius, Termasuk Sindrom Alice In Wonderland

Termasuk Alice In Wonderland berikut beberapa kondisi kesehatan yang langka.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi penyakit langka. (unsplash)
Ilustrasi penyakit langka. (unsplash)

Himedik.com - Beberapa penyakit langka yang memiliki kondisi tak biasa dan jarang terjadi mulai dari gejalanya yang aneh hingga hanya beberapa orang yang mengalaminya. 

Dalam hal ini melansir dari CNN, berikut beberapa penyakit yang menunjukkan gejala dan kondisi tak biasa hingga misterius, antara lain:

1. Morgellons

Menurut penelitian, Morgellon telah menyerang hampir 14 ribu orang di dunia. Mogellons sendiri adalah masalah pada kulit yang memunculkan koreng dan menimbulkan sensasi menyengat pada kulit. 

Selain itu, penyakit ini menimbulkan serat-serat mirip benang, serabutan kapas atau perban yang muncul di antara koreng. Serat  ini bisa muncul dengan berbagai warna, mulai dari warna putih, merah, biru, hingga hitam. Belum diketahui dengan jelas penyebab penyakit ini. 

Progeria [Foto: Youtube]
Progeria [Foto: Youtube]

2. Progeria

Progeria adalah penyakit bawaan dari lahir, bahkan sejak masih janin. Penderita penyakit fatal ini memiliki penampilan mencolok. Mereka mengalami penuaan dini, terlihat lansia padahal masih anak-anak. Orang dengan kondisi ini rata-rata meninggal di usia 13 tahun. 

Perubahan atau penuaan umumnya terjadi pada kisaran 24 bulan, di mana wajah abnormal seperti wajah kecil yang tidak proporsional, menonjol, mata menonjol dan rahang yang kurang berkembang. Pada usia dua tahun, rambut dari kulit kepala, alis, dan bulu mata hilang.

3. Alergi air

Terjadi pada 30 orang, alergi air atau Aqagenic urtikaria sangat jarang. Kasus ini pernah muncul di Inggris pada bulan April di mana seorang ibu berusia 21 tahun tidak dapat minum air atau terjebak dalam hujan karena kulitnya mengalami ruam terbakar yang menyakitkan.

Dia dapat mandi maksimal hanya dalam 10 detik per minggu dan hanya bisa minum soda. 

Ilustrasi hujan - (Pixabay/JillWellington)
Ilustrasi hujan - (Pixabay/JillWellington)


4. Sindrom aksen asing

Penderita sindrom aksen asing secara ajaib membuat pasien berbicara dalam dialek yang tidak dapat dikenali. Hanya 60 kasus yang pernah direkam.

Dokter awalnya menolaknya sebagai masalah psikiatris, tetapi pada tahun 2002 para ilmuwan di Universitas Oxford, Inggris, mengamati bahwa penderita berbagi kelainan otak yang sama. 

Kasus pertama menyangkut seorang wanita Norwegia pada tahun 1941 yang mengembangkan aksen Jerman  kuat dan dikucilkan dari masyarakat sekitarnya.

5. Sindrom Alice in Wonderland

Penderita Alice in Wonderland menganggap objek jauh lebih kecil daripada aslinya. Kondisi tersebut, juga dikenal sebagai Micropsia atau LillLiput Sight, yang juga dapat mempengaruhi rasa pendengaran, sentuhan, dan persepsi citra tubuh sendiri. 

Sindrom ini dikaitkan dengan sakit kepala migrain dan dinamai setelah petualangan Alice Lewis Carroll di Wonderland, di mana Alice melewati banyak pengalaman aneh yang serupa dengan mereka yang mungkin dialami oleh penderita mikropsia. 

Berita Terkait

Berita Terkini