Info

Benarkah Bawang Merah dan Lemon Bisa Bunuh Virus Corona Covid-19?

Ada informasi beredar bahwa makan 3 bawang merah dan perasan lemon bisa membunuh virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

bawang merah (Pixabay/Pasja1000)
bawang merah (Pixabay/Pasja1000)

Himedik.com - Banyak orang mungkin berusaha mencari pengobatan tradisional untuk mencegah atau mengatasi virus corona Covid-19. Padahal, metode pengobatan itu mungkin belum teruji klinis atau membahayakan kesehatan tubuh.

Beberapa waktu lalu, seorang pengguna Facebook Pam Vredenburg membagikan metode pengobatan tradisional untuk mengatasi virus corona Covid-19 menggunakan bawang merah dan perasan lemon.

"Makanlah bawang merah 3 kali sehari, balurkan garam laut di dekat hidung. Tidur dengan posisi tengkurap selama 2 jam. Teteskan air perasan lemon ke hidung untuk melawan Covid-19," kata Pam Vredenburg.

Berdasarkan hasil penelusuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dilansir dari laman resmi Satgas Covid-19 Indonesia, bahwa tidak ada bukti kalau meneteskan air perasan lemon ke hidung bisa mencegah maupun mengobati virus corona Covid-19.

Dr Chandra Veer Singh, Konsultan Ahli Otolaryngologi dan Ahli Bedah Onkologi Kepala dan Leher, Rumah Sakit Wockhardt Mira Road, Mumbai dilansir dari Times Now News, mengatakan lemon adalah sumber vitamin C dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Hoax bawang merah bisa mengobati virus corona (Facebook/Pam Vredenburg)
Hoax bawang merah bisa mengobati virus corona (Facebook/Pam Vredenburg)

Tapi, dua tetes air perasan lemon di hidung ini tidak berfungsi untuk mengatasi virus corona Covid-19. Tetesan air lemon ini juga akan merusak silia mukosa hidung dan menyebabkan sinusitis.

"Virus corona Covid-19 masuk ke tubuh melalui sel-sel reseptor ACE yang ada di pembuluh darah, paru-paru, tenggorokan dan mukosa hidung. Karena itu, meneteskan air perasan lemon ke hidung justru menyebabkan banyak iritasi dan edema mukosa hidung," jelas Dr Chandra.

Akibatnya, bagian tubuh itu akan teriritasi dan meradang karena ada penyakit yang disebut sinusitis di dalam hidung dan pembengkakan hidung meningkat.

Sakit kepala dan bengkak pada mata yang disebabkan air lemon juga bisa menjadi salah satu metode pengobatan yang berisiko dan tidak memberikan manfaat apapun untuk virus corona.

Jadi, klaim yang menyebutkan menteskan air perasan lemon ke hidung bisa menyembuhkan virus corona Covid-19 itu tidak benar. Tidak ada studi ekstensif untuk membuktikan atau menyangkal klaim ini.

Terapi lemon tidak meningkatkan kekebalan atau mencegah infeksi virus corona Covid-19. Akun Twitter resmi PIB Fact Check merilis pernyataan yang mengatakan, "Sebuah video sedang dibagikan di media sosial yang mengklaim bahwa memasukkan 2 tetes air lemon ke hidung akan membunuh virus corona. #PIBFactCheck: - Klaim yang dibuat dalam video adalah #palsu. Tidak ada bukti ilmiah bahwa #Covid19 dapat dihilangkan air tetesan lemon."

Berita Terkait

Berita Terkini