Info

Akibat Gaya Hidup, Angka Hipertensi Milenial di Indonesia Capai 20 Persen

Hipertensi melonjak di antara generasi milenial di Indonesia.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Generasi milenial. (shutterstock)
Generasi milenial. (shutterstock)

Himedik.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering kali diidentifikasikan sebagai penyakit orang tua. Padahal belakangan penyakit ini meningkat di kalangan anak muda,  yakni generasi milenial yang lahir pada 1981 hingga 1996.

Setidaknya lebih dari 20 persen milenial mengalami  hipertensi, baik diketahui maupun tidak. 

Hipertensi sendiri menjadi salah satu penyakit yang disebut pembunuh diam-diam (silent killer). Sebab tanpa gejala spesifik, hipertensi bisa merusak berbagai organ penting termasuk jantung.

"34 persen dari orang dewasa di Indonesia mengalami hipertensi, artinya orang di atas 18 tahun," ujar dokter Badai Bhatara Tiksnadi, SPJP (K), FIHA dalam OMRON Virtual Media Briefing  bersama YJI dan PERKI pada Kamis (3/6/2021).

"Pada 2013, (angka hipertensi) di usia 25 tahun sampai 34 tahun itu 14,5 persennya kena hipertensi. (Usia) 35 sampai 40 tahun 24 persen hipertensi," imbuhnya.

Menurut dokter Badai, angka hipertensi di usia muda meningkat signifikan. 

"Kita lihat di tahun 2018 yang tadinya sekitar 14 persen (usia 25 tahun sampai 34 tahun) menjadi 20 persen yang tadinya 24 persen menjadi 31 persen," ujar dokter Badai.

Ilustrasi pemeriksaan tekanan darah, hipertensi jas putih. (Shutterstock)
Ilustrasi pemeriksaan tekanan darah, hipertensi jas putih. (Shutterstock)


Turut hadir dalam acara virtual, Esti Nurjadin, Kepala Yayasan Jantung Indonesia (YJI) juga menyatakan bahwa hipertensi meningkat di kalangan orang muda.

"Ada kenaikan prevelensi hipertensi di kalangan milenial, kita tahu dengan gaya hidup milenial sekarang itu rentan sekali terkena hipertensi," ujar Esti Nurjadin, Kepala Yayasan Jantung Indonesia.

"Hipertensi itu merupakan fakor risiko dari penyakit jantung," imbuhnya. 

Menurut Esti, penyebab hipertesi pada generasi milenial terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa gaya hidup yang tidak sehat antara lain konsumsi alkohol, kurang gerak, asupan gula, dan garam tinggi hingga stres. 

Berita Terkait

Berita Terkini