Info

Jangan Dibuang, Kulit Buah dan Sayur Berikut Bermanfaat untuk Kesehatan

Berikut kulit buah dan sayur yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi kulit jeruk (Pixabay/Didgeman)
Ilustrasi kulit jeruk (Pixabay/Didgeman)

Himedik.com - Sudah banyak yang tahu kalau buah dan sayur memiliki kandungan yang menyehatkan bagi tubuh. Tak hanya buahnya, kulit buah dan sayur bahkan bsia bermanfaat untuk kesehatan

Melansir dari India Express, berikut beberapa kulit buah dan sayur yang bisa bermanfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk adalah pilihan yang bagus untuk menghilangkan jerawat, komedo, sel mati, noda dan lingkaran hitam. Ini juga membantu kulit kering tetap terhidrasi dan menambah kilau pada wajah Anda. 

Anda juga bisa mencampurkan air dan kulit jeruk yang dikeringkan dan dihaluskan ke kulit kepala karena membantu menghilangkan ketombe. 

2. Semangka

Kulit buah semangka mengandung zinc, kalium, magnesium, antioksidan serta vitamin A dan C. Ini membantu pencernaan secara keseluruhan dan membantu tubuh Anda membuang limbah beracun. 

Buah semangka. (Pixabay/LoggaWiggler)
Buah semangka. (Pixabay/LoggaWiggler)

3. Kentang

Sedikit yang tahu bahwa kentang mengandung nutrisi seperti zat besi, kalsium, kalium, vitamin, dan magnesium. Kentang membantu meningkatkan metabolisme dan membantu mengontrol gula darah. 
Sebagai agen antibakteri, kulit kentang juga baik untuk kulit Anda. Selain itu kulit kentang juga membantu mencegah kanker. 

4. Kulit Bawang

Kulit bawang merupakan sumber antioksidan yang baik dan kaya quercetin, flavonol tanaman yang dapat membantu mengurangi asma, infeksi kronis, dan diabetes. Ia juga memiliki serat yang membantu mengurangi penyakit jantung, masalah pencernaan dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Ilustrasi kulit pisang. (Pixabay)
Ilustrasi kulit pisang. (Pixabay)

5. Apel

Kulit apel mengandung banyak protein, vitamin dan mineral penting. Vitamin A dan C sangat baik untuk kulit, penglihatan dan memperkuat sistem kekebalan. Kehadiran zat besi dan kalsium membuatnya baik untuk tulang dan gigi. Kulit apel juga merupakan sumber antioksidan yang bagus dan membantu mencegah banyak penyakit. 

6. Kulit Pisang

Kulit pisang kaya akan nutrisi dan karbohidrat. Kulit pisang terdiri dari vitamin B6, B12, magnesium dan kalium. Kulit pisang digunakan sebagai pemutih gigi dan menghilangkan jerawat. Cukup oleskan kulitnya ke area yang terkena selama lima menit setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. 

Berita Terkait

Berita Terkini