Info

Awet Muda dalam 8 Minggu, Yuk Konsumsi 5 Asupan Berikut

Berikut beberapa asupan makanan yang bisa Anda konsumsi agar awet muda.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Intip Tips Awet Muda Untuk Umur 20, 30, 40 dan 50 Tahun. (unsplash)
Intip Tips Awet Muda Untuk Umur 20, 30, 40 dan 50 Tahun. (unsplash)

Himedik.com - Sebuah studi menunjukkan berbagai cara untuk tetap awet muda  dalam jangka waktu 8 minggu saja. Uji klinis terkontrol secara acak melibatkan 43 pria dewasa sehat antara usia 50 hingga 72 tahun. 

Melansir dari Eat This, para peneliti membagi mereka menjadi dua kelompok, yakni kelompok uji yang menjalani program delapan minggu di mana mencakup panduan diet, tidur, olahraga, dan relaksasi, dan rejimen suplemen probiotik dan fitonutrien.

Sedangkan kelompok kontrol tidak melakukan hal yang berbeda dari kehidupan mereka sehari-hari.

Pada akhir minggu kedelapan, para peneliti mengumpulkan sampel DNA dari semua partisipan melalui tes air liur. Untuk masing-masing, mereka menganalisis tingkat metilasi DNA, kerusakan dan penurunan fungsional yang dialami oleh sel, jaringan, dan organ. 

Metilasi DNA adalah pendorong utama penyakit terkait usia, dan cara utama para ilmuwan mengidentifikasi dan melacak penuaan biologis.

Dengan menggunakan jam DNAmAge Horvath online, para ilmuwan menemukan bahwa kelompok yang menjalani diet dan perawatan gaya hidup menurunkan usia biologis mereka sebesar 3,23 tahun dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berikut 4 aturan gaya hidup yang menurut penelitian bisa membuat awet muda, antara lain:

Ilustrasi gerakan yoga. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi gerakan yoga. (Sumber: Shutterstock)

1. Pola Makan 

Untuk aturan diet atau pola makan, kelompok uji mengkonsumsi sebagian besar pola makan nabati, termasuk makanan yang tinggi nutrisi seperti folat, betaine, vitamin C, vitamin A, kurkumin, epigallocatechin gallate (EGCG), quercetin dan luteolin. Protein hewani padat nutrisi (seperti hati dan telur) diperbolehkan.

Setiap hari, kelompok uji mengonsumsi bubuk buah dan sayuran serta probiotik yang menyediakan 40 juta CFU Lactobacillus plantarum 299v.

2. Olahraga 

Kemudian dalam konteks olahraga, mereka diminta dengan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, setidaknya lima hari seminggu, dengan intensitas 60 hingga 80 persen dari aktivitas maksimal yang mereka rasakan. 

3. Relaksasi

Kelompok uji yang juga melakukan  rekasasi dengan latihan napas. "Latihan pernapasan dua kali sehari yang menimbulkan ketenangan diresepkan untuk mengurangi stres dapat secara signifikan mengurangi kerusakan dalam tubuh," catat para peneliti.  

Ilustrasi relaksasi dengan yoga. (Shutterstock)
Ilustrasi relaksasi dengan yoga. (Shutterstock)


4. Tidur

Kualitas tidur diprioritaskan dalam penelitian ini. Para peneliti merekomendasikan agar kelompok uji diminta tidur setidaknya tujuh jam setiap malam.

Para ahli menganggap tujuh hingga sembilan jam tidur yang sehat menurunkan risiko penambahan berat badan, kanker, penyakit kardiovaskular, dan demensia.

Berita Terkait

Berita Terkini