Info

Bikin Tak Nyenyak, Yuk Hentikan Kebiasaan Dengarkan Musik Sebelum Tidur

Menurut penelitian, mendengarkan musik sebelum tidur bisa menyebabkan Anda tidak nyenyak.

Fita Nofiana

Mendengar musik. (theriseandshine)
Mendengar musik. (theriseandshine)

Himedik.com - Peneliti tidur Michael Scullin, Ph.D., profesor psikologi dan ilmu saraf di Baylor University meneliti bagaimana musik memengaruhi tidur. Studi Scullin telah diterbitkan dalam Psychological Science. 

Melansir dari Medical Xpress, studi menggambarkan orang yang terngiang-ngiang dengan lagu yang habis  didengarkan yang mana ia sebut dengan "earworms".

"Otak kita terus memproses musik meski tidak ada yang diputar, termasuk saat kita tidur," kata Scullin. 

"Semua orang tahu bahwa mendengarkan musik terasa menyenangkan. Remaja dan dewasa muda secara rutin mendengarkan musik menjelang waktu tidur. Tetapi semakin banyak Anda mendengarkan musik, semakin besar kemungkinan Anda terkena earworm.

Orang yang mengalami earworm secara teratur di malam hari satu kali atau lebih per minggu enam kali lebih mungkin mengalami kualitas tidur yang buruk dibandingkan dengan orang yang jarang mengalami earworm. Anehnya, penelitian ini menemukan bahwa musik instrumental lebih cenderung menyebabkan earworms  daripada musik berlirik.

"Orang yang terkena earworm mengalami kesulitan tidur yang lebih besar, lebih banyak terbangun di malam hari, dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam tahap tidur ringan," ujar Scullin.

Mendengarkan musik. (Dok: Envanto Elements)
Mendengarkan musik. (Dok: Envanto Elements)


Mengetahui bahwa earworms memengaruhi tidur secara negatif, Scullin merekomendasikan untuk mencoba mendengarkan musik dengan intensitas sedang. Pengaturan waktu musik juga penting, cobalah hindari mendengarkan musik sebelum tidur.

Cara lain untuk menyingkirkan earworm adalah dengan terlibat dalam aktivitas kognitif yang berfokus penuh pada tugas, masalah, atau aktivitas membantu mengalihkan otak Anda dari earworm. Menjelang waktu tidur, daripada terlibat dalam aktivitas yang menuntut atau sesuatu yang akan mengganggu tidur Anda, Scullin menyarankan untuk menghabiskan lima hingga 10 menit untuk menulis daftar tugas untuk esok hari dan menuangkan pemikiran Anda di kertas. 

Berita Terkait

Berita Terkini