Info

Sempat Ramai di TikTok, Benarkah Air Selada Bisa Bantu Masalah Tidur?

Sebelumnya ramai diperbincangkan di TikTok bahwa air selada bisa bantu Anda tidur, simak kata ahli.

Fita Nofiana

Selada merah dan hijau. (pixabay)
Selada merah dan hijau. (pixabay)

Himedik.com - Konsumsi air rendaman selada mungkin bisa membantu Anda dari masalah tidur. Hal ini dinyatakan oleh pemilik akun TikTok Shapla Hoque yang telah mendapatkan like sebanyak 1,4 kali. 

Dalam video tersebut, Hoque membuat air selada dengan mencucuinya terlebih dahulu kemudian dimasukkan cangkir dan dituangkan air panas ke dalamnya. Setelah beberapa lama, ia mengeluarkan daunnya dan meminum airnya. 

"Rasanya seperti tidak ada (tawar)," kata Hoque seperti yang dikutip dari Health. Dalam konteks kesehatan, bwnarkah air selada bermanfaat untuk membantu lebih cepat tidur? 

Melansir dari Health, Christopher Winter, MD, dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine dan penulis buku menyatakan bahwa selada memang mungkin bisa membantu tidur, namun juga bisa saja tidak. Menurutnya, selada mengandung sesuatu yang disebut lactucarium di mana bisa membuat Anda mengantuk. 

"Ini memiliki struktur yang mirip dengan opium dan memiliki beberapa sifat obat penenang," kata Dr. Winter.

"Ini adalah zat seperti susu, jika Anda mendapatkan banyak selada dan merebusnya, maka Anda bisa mendapatkan manfaat selada ini," tambahnya.

Namun meskipun selada mengandung lactucarium yang bisa membuat Anda mengantuk, doter Winter mengatakan bahwa Anda perlu merendam selada dalam jumlah yang luar biasa banyak untuk benar-benar mendapatkan manfaatnya. 

Sayuran Selada. (Bhg.com)
Sayuran Selada. (Bhg.com)


"Jumlah lactucarium yang Anda dapatkan dari empat hingga lima daun selada sepertinya tidak banyak membantu," kata dokter Winter. Tapi kehangatan dari air itu sendiri bisa membuat Anda mengantuk, bersama dengan efek selada yang sehat. 

Daripada rebusan selada, dokter Winter lebih menyarankan untuk menggunakan teh yang mengandung chamomile atau valerian. 

"Minum secangkir teh setiap malam sekitar satu jam sebelum tidur memberi sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya bersiap-siap untuk tidur," kata dokter Winter. 

Berita Terkait

Berita Terkini