Info

Segini Besarnya SPF Sunscreen yang Dibutuhkan Kulit

Tuang produk sunscreen ke dua jari Anda untuk kemudian dioleskan ke wajah dan leher secara merata.

Yasinta Rahmawati

ilustrasi tabir surya - (Unsplash/rawpixel)
ilustrasi tabir surya - (Unsplash/rawpixel)

Himedik.com - Pakai sunscreen atau tabir surya adalah hal utama yang harus dilakukan untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV matahari. Ada beragam produk sunscreen dengan jumlah SPF yang berbeda-beda yang dijual di pasaran.

Perlu diketahui bahwa jumlah SPF yang tertera di produk sangatlah penting. "Sebagai aturan praktis, jangan gunakan kurang dari SPF 30," jelas Dr. Sophie Shotter, ahli kecantikan ternama, dikutip dari Harper's Bazaar.

"Pada bulan-bulan musim panas, gunakan SPF 50 dan aplikasikan kembali setiap beberapa jam sepanjang hari jika Anda berada di luar di bawah sinar matahari, tambahnya.

Selain itu, produk sunscreen harus mengandung perlindungan UVA dan UVB, yang masing-masing menjaga kulit Anda dari sinar penuaan dan sinar yang bisa membakar kulit.

Dalam hal pengaplikasian disarankan bahwa tabir surya harus menjadi langkah terakhir untuk rutinitas perawatan kulit. Tuang produk ke dua jari Anda untuk kemudian dioleskan ke wajah dan leher secara merata.

Perempuan menggunakan sunscreen. (Shutterstock)
Perempuan menggunakan sunscreen. (Shutterstock)

Untuk banyaknya produk, kira-kira sekitar 1/3 hingga 1/2 sendok teh. Jumlah ini kira-kira sama dengan panjang dua jari. Meskipun ini mungkin terdengar berlebihan, ingat bahwa itu harus menutupi seluruh wajah, bagian atas telinga, dan leher serta dada Anda.

Jangan lupa tutupi kelopak mata dan bibir Anda juga saat mengaplikasikan sunscreen.

Sangat ideal untuk menggunakan serum antioksidan yang mengandung Vitamin C sebelum Anda menerapkan produk SPF sunscreen karena akan meningkatkan perlindungan.

Antioksidan melawan molekul radikal bebas yang merusak DNA Anda, sehingga menyebabkan penuaan dini. Serum antioksidan adalah pasangan yang sempurna untuk krim SPF Anda.

"Mengenakan keduanya akan memberi Anda perlindungan terbaik terhadap sinar matahari dan membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan cerah," jelas Shotter.

Berita Terkait

Berita Terkini