Info

Agar Turun Berat Badan, Coba Olahraga di Waktu yang Sama Setiap Hari

Melakukan olahraga di waktu yang sama bisa lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi push-up. (Shutterstock)
Ilustrasi push-up. (Shutterstock)

Himedik.com - Untuk menurunkan berat badan, diperlukan olahraga rutin disertai pola makan sehat. Tapi tak cuma soal durasi, konsistensi waktu olahraga ternyata juga berperan besar dalam membantu seseorang mencapai tujuan penurunan berat badan.

Dilansir dari The Health Site, The Journal of Obesity mempublikasikan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa konsistensi dalam waktu berolahraga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Penemuan juga menunjukkan bahwa berpegang teguh pada waktu yang sama menyebabkan tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi. Ini terlepas dari apakah seseorang berolahraga pada waktu yang sama di pagi, siang atau malam hari.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengamati kebiasaan 375 orang dewasa sehat yang berhasil mempertahankan berat badan mereka dengan melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat secara teratur. Kebanyakan dari orang-orang ini melaporkan bahwa mereka berolahraga pada waktu yang sama setiap hari.

Memang meluangkan waktu untuk berolahraga setiap harinya bukanlah hal yang mudah. Tetapi menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga bisa menjadi lebih sulit, terutama ketika Anda harus tetap konsisten dan melakukannya pada waktu yang sama setiap hari.

Untuk memilih waktu terbaik yang cocok untuk Anda, cobalah berolahraga pada waktu yang berbeda sepanjang hari dan lihat waktu mana yang paling cocok untuk Anda.

Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)
Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)

Sebagai perbandingan, berikut ulasan manfaat olahraga di pagi, siang, dan malam hari.

1. Olahraga di pagi hari

Pagi bisa jadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Ini karena perut Anda kosong setelah tidur malam yang panjang dan ini mendukung pembakaran lemak yang tersimpan di tubuh Anda.

Ini adalah waktu di mana Anda juga mengalami peningkatan kadar hormon pertumbuhan kortisol, yang memengaruhi metabolisme yang memungkinkan untuk menggunakan lebih banyak energi dari cadangan lemak.

Olahraga di pagi hari pun akan membuat Anda lelah lebih awal di malam hari sehingga harus tidur lebih awal juga. Ini dapat menjadi cara memulai siklus tidur lebih teratur.

2. Olahraga di sore hari

Berolahraga di sore hari adalah ide yang bagus jika Anda berencana melakukan rutinitas olahraga yang panjang dan ketat. Ini karena Anda sudah makan yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Gula ini, dalam bentuk glukosa dalam darah, dibutuhkan jika Anda sedang mencoba rutinitas olahraga yang intensitasnya lebih tinggi. Sebuah studi di Journal of Physiology menemukan bahwa, seperti halnya olahraga di pagi hari, berolahraga antara pukul 1 siang hingga 4 sore dapat menggeser jam tubuh Anda ke depan sesuai dengan rutinitas Anda.

Selain itu, biasanya suhu tubuh kita meningkat sepanjang hari. Jadi pada sore hari, ketika suhu tubuh kita paling tinggi, kekuatan dan daya tahan otot kita juga paling tinggi. Kinerja tubuh Anda juga cenderung meningkat pada sore hari karena waktu reaksi adalah waktu tercepat dan detak jantung serta tekanan darah paling rendah.

3. Olahraga di malam hari

Meski dianggap sebelah mata, jurnal Experimental Physiology menerbitkan sebuah makalah yang menyatakan bahwa berolahraga di malam hari nyatanya tidak akan berdampak buruk pada tidur.

Ia juga mengatakan bahwa berolahraga di malam hari dapat mengurangi kadar hormon perangsang lapar, ghrelin, seiring waktu. Ini dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan dan, pada saat yang sama, mempertahankan berat badan.

Berolahraga di malam hari juga merupakan ide bagus bagi mereka yang kesulitan bangun atau sibuk di pagi hari. Pada malam hari, fungsi dan kekuatan otot Anda mencapai puncaknya, dan ini dapat membantu Anda bertahan lebih lama saat berolahraga.

Selain itu, hormon yang berfluktuasi di malam hari dapat membuat latihan ini lebih efektif. Berolahraga di malam hari sangat bermanfaat terutama bagi pria karena di malam hari, kadar testosteron mereka selalu tinggi. Ini akan memfasilitasi pertumbuhan otot mereka.

Jika Anda berolahraga sekitar 90 menit sebelum tidur di malam hari, ini akan membantu Anda memiliki tidur yang lebih restoratif.

Berita Terkait

Berita Terkini