Info

Ahli Temukan Virus Corona Varian Delta Plus, ini 9 Titik Penyebarannya!

Virus corona varian Delta plus telah terdeteksi di sejumlah negara sehingga menjadi varian perhatian.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Para ilmuwan menemukan virus corona varian Delta telah berlipat ganda dan diduga membentuk strain baru. Mereka menemukan virus corona varian Delta plus yang juga dikhawatirkan akan lebih mudah menular.

Otoritas internasional telah menemukan virus corona varian Delta plus ini sudah menyebar ke negara lain. Sebelumnya, kasus virus corona varian Delta plus ini pertama kali ditemukan di seluruh wilayah India.

Berdasarkan hasil analisis 40 sampel dari 3 negara bagian, virus corona varian Delta plus ini sudah tersebar di 6 distrik. Adapun negara bagian India yang sudah terkena dampaknya, termasuk Kerala, Maharashtra dan Madhya Pradesh.

Beberapa pasien yang terinfeksi varian Delta plus atau setidaknya 16 orang berasal dari Maharashtra, sebuah wilayah yang meliputi pantai barat India yang mengalami pandemi virus corona Covid-19 terburuk.

Menurut entri di GISAID, kasus virus corona varian Delta plus yang diurutkan ini hanyalah beberapa dari banyak kasus di seluruh dunia. Sejauh ini, para peneliti telah membagikan 166 contoh kasus virus corona melalui database dan sampel ini berasal dari 9 negara, selain India.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona Covid-19, varian Delta, varian Delta plus (Pixabay/mohamed_hassan)

Adapun beberapa negara yang sudah mendeteksi virus corona varian Delta plus dilansir dari Express, antara lain:

  1. Amerika Serikat
  2. Inggris
  3. Portugal
  4. Swiss
  5. Jepang
  6. Polandia
  7. Nepal
  8. Rusia
  9. China

Sekitar 41 kasus Delta plus sudah muncul di Inggris. Tapi, Public Health England (PHE) belum bisa membedakan antara virus corona varian Delta dan varian Delta plus.

Saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan virus corona varian Delta plus dengan varian Delta dasar. Bahkan, pemerintah India menyebut varian Delta plus ini menjadi varian perhatian.

 

Berita Terkait

Berita Terkini