Info

Infeksi Virus Corona Covid-19, ini Gejala Umum Pada Orang yang Sudah Vaksin

Orang yang sudah suntik vaksin Covid-19 memiliki gejala lain ketika terinfeksi virus corona.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Himedik.com - Suntik vaksin Covid-19 telah diklaim berguna untuk mengurangi tingkat keparahan infeksi dan menurunkan risiko penularan virus corona Covid-19. Tapi, vaksin Covid-19 tidak membuat Anda kebal dari virus corona Covid-19.

Karena itu, mereka masih bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Beberapa orang yang terinfeksi virus corona setelah vaksinasi mengaku mengalami gejala lain yang berbeda dengan orang yang belum suntik vaksin Covid-19.

Menurut data terbaru dalam aplikasi ZOE Covid Symptom Study, bersin yang lebih dari biasanya bisa menjadi tanda virus corona Covid-19, tetapi kondisi ini hanya terjadi pada orang yang sudah suntik vaksin Covid-19.

Seperti yang dijelaskan oleh tim peneliti bersin biasanya bukan gejala umum virus corona Covid-19. Tapi, bersin lebih mungkin menjadi tanda pilek atau alergi biasa.

"Meskipun banyak orang dengan virus corona mungkin mengalami bersin, itu bukan gejala pasti karena bersin sangat umum terjadi, terutama di bulan-bulan hangat di mana orang mungkin mengalami demam," kata tim peneliti dikutip dari Express.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Namun, data aplikasi penelitian menunjukkan bahwa orang yang sudah suntik vaksin Covid-19 dan positif virus corona lebih mungkin mengalami bersin sebagai gejala umumnya, dibandingkan dengan orang yang belum suntik vaksin.

Hal ini menunjukkan bahwa bersin tanpa penyebab jelas setelah suntik vaksin Covid-19 bisa menjadi tanda virus corona. Tapi, penting untuk diingat bahwa hubungan antara bersin dan virus corona tidak terlalu kuat sehingga harus tetap waspada dengan gejala penyakit lain, terlepas Anda sudah vaksin atau belum.

Jika Anda mengalami bersin setelah suntik vaksin Covid-19 dan bertahan lama, sebaiknya isolasi diri di rumah dan menjalani tes virus corona Covid-19. Karena, orang mungkin melewatkan tes Covid-19 bila tidak mengalami gejala umum virus corona, berupa batuk, demam dan hilangnya indra penciuman dan rasa.

Padahal, orang yang sudah suntik vaksin Covid-19 cenderung mengalami gejala berbeda ketika terinfeksi virus corona. Tapi, Anda juga tidak perlu panik bahwa bersin bukan satu-satunya tanda infeksi virus corona Covid-19.

 

Berita Terkait

Berita Terkini