Info

Manfaat Kesehatan Buah Naga untuk Tubuh, Menyehatkan Mata hingga Pencernaan

Adanya vitamin C dan flavonoid dalam buah naga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi buah naga. (Shutterstock)
Ilustrasi buah naga. (Shutterstock)

Himedik.com - Buah naga mungkin bukan menjadi kesukaan banyak orang. Namun di balik rasanya yang cenderung hambar, buah naga menawarkan sejumlah kebaikan untuk tubuh. Buah eksotis ini kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, vitamin E dan mengandung banyak kalium, magnesium, seng, dan fosfor.

Buah ini juga memiliki kalsium, tembaga, dan zat besi dalam jumlah yang lebih kecil. Dilansir dari Boldsky, berikut manfaat kesehatan dari buah naga.

1. Meningkatkan kekebalan

Adanya vitamin C dan flavonoid dalam buah naga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan tubuh dari infeksi berbahaya. Karena vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, ia dapat membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

2. Membantu pencernaan

Buah naga mengandung banyak serat yang membantu mengatur sistem pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan refluks asam. Menurut sebuah studi di Electronic Journal of Biotechnology, buah naga kaya akan prebiotik yang membantu meningkatkan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. 

Manfaat Kesehatan Buah Naga untuk Tubuh, Menyehatkan Mata hingga Pencernaan - 1

3. Mengurangi peradangan

Karena buah naga kaya akan antioksidan, ia menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif dan mengurangi peradangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan dalam buah naga juga dapat mencegah penyakit inflamasi seperti asam urat dan artritis.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Kehadiran betaxanthins dan flavonoid dalam buah naga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi tahun 2004 menemukan bahwa buah naga mengandung betaxanthins yang mencegah kolesterol LDL (jahat) teroksidasi atau rusak. Ketika kolesterol LDL teroksidasi atau rusak dapat menyebabkan penyakit jantung. Buah naga juga telah terbukti menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

5. Menjaga berat badan

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology menunjukkan, tikus yang diberi makan diet tinggi lemak menerima ekstrak buah naga yang menghasilkan lebih sedikit penambahan berat badan dan pengurangan lemak hati, peradangan dan resistensi insulin, berkat kehadiran betacyanin di dalamnya.

Ilustrasi buah naga. (Pixabay)
Ilustrasi buah naga. (Pixabay)

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Karena buah naga kaya akan antioksidan, memakannya dapat membantu menjaga kulit Anda tetap kencang, yang dapat membantu menjaga penampilan awet muda dan mencegah penuaan dini.

7. Kesehatan mata

Buah naga merupakan sumber yang kaya vitamin A, vitamin esensial yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia

8. Mencegah anemia selama kehamilan

Karena buah naga merupakan sumber zat besi yang baik, mengonsumsinya dapat mencegah anemia defisiensi besi selama kehamilan. Sebuah studi tahun 2017 melaporkan bahwa konsumsi jus buah naga merah meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit, yang dapat membantu mengobati anemia pada wanita hamil.

9. Mencegah endometriosis

Endometriosis adalah kelainan di mana jaringan endometrium yang biasanya membentuk lapisan rahim Anda tumbuh di luar rahim. Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah naga merah dapat menghentikan perkembangan endometriosis.

Berita Terkait

Berita Terkini