Info

4 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Usai Pulih dari Covid-19

Salah satu hal yang dapat dilakukan seseorang untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan menghindari merokok.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)

Himedik.com - Jika pernah atau masih dalam masa penyembuhan dari infeksi Covid-19, kesehatan tentu kini menjadi prioritas utama, terutama kesehatan jantung.

Sebab semakin banyak penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki gejala panjang setelah terinfeksi virus tersebut, mengalami peningkatan gagal jantung.

Namun masa pemulihan ini tidaklah mudah, sehingga sangat mungkin merasa lelah saat seseorang secara bertahap kembali ke rutinitas.

"Waktu pemulihan berbeda untuk orang yang berbeda," catat Saurabh Rajpal, MD , seorang ahli jantung dan asisten profesor di Divisi Kedokteran Kardiovaskular di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Ohio, dikutip dari Live Strong.

"Sementara beberapa orang mungkin pulih dalam beberapa hari, yang lain mungkin merasa lelah selama berminggu-minggu setelah infeksi virus," tambahnya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kembali kesehatan jantung usai pulih dari Covid-19.

Ilustrasi setelah olahraga. (Elements Envato)
Ilustrasi setelah olahraga. (Elements Envato)

1. Banyak bergerak

Meskipun Anda mungkin pemalas, penting untuk tidak berdiam diri saat tubuh pulih dari Covid-19, catat Dr. Rajpal. "Imobilitas total merupakan faktor risiko pembekuan darah dan harus dihindari," dia memperingatkan.

Setelah beberapa hari istirahat, ia merekomendasikan untuk kembali ke rutinitas olahraga Anda secara bertahap. Tapi jika memiliki gejala saat kembali beraktivitas seperti ketidaknyamanan dada, sesak napas atau detak jantung yang cepat atau tidak teratur, konsultasikan dengan dokter.

2. Pola makan sehat

Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, unggas, mengurangi risiko penyakit jantung sekitar sepertiga. Selain itu, jauhi apa pun yang diproses secara berlebihan seperti fast food atau gorengan yang mengandung banyak lemak jenuh.

Ilustrasi makanan sehat untuk jaga imunitas tubuh. (Unsplash)
Ilustrasi makanan sehat untuk jaga imunitas tubuh. (Unsplash)

3. Patuhi kunjungan ke dokter

Meskipun mungkin tampak seperti waktu yang tidak tepat untuk melakukan pemeriksaan fisik, bukanlah ide yang baik untuk menghindari perawatan pencegahan. Selain mematuhi kunjungan ke dokter, penting untuk terbuka dengan dokter tentang gejala apa pun yang mungkin Anda alami serta memantau secara teratur gula darah, kolesterol, dan lainnya.

4. Coba berhenti merokok

Salah satu hal yang dapat dilakukan seseorang untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan menghindari merokok sama sekali. Sebab merokok hampir merupakan jaminan bahwa Anda akan mengembangkan beberapa bentuk penyakit kardiovaskular selama hidup.

Berita Terkait

Berita Terkini