Info

Pakar di Inggris Sarankan Segera Vaksinasi Covid-19 Anak-Anak

Para pakar di Inggris menyarankan agar anak-anak segera divaksinasi untuk mencegah Covid-19.

Fita Nofiana

Vaksin, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Para pakar di Inggris menganjurkan untuk segerakan vaksinasi anak-anak usia 12 tahun ke atas. Hal ini disebabkan karena varian Delta yang disebut lebih berbahaya bagi anak-anak dibandingkan varian lainnya. 

Melansir dari Independent, seruan tersebut muncul dari Komite Bersama untuk Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) Inggris. Meskipun regulator obat-obatan Inggris menyetujui penggunaan vaksin Pfizer/BioNTech untuk anak berusia 12 hingga 15 tahun, namun belum ada tindakan vaksinasi terkait usia tersebut. 

Israel, Prancis, dan Amerika Serikat sudah mulai menggunakan vaksin Pfizer pada kelompok usia ini. Tetapi pejabat kesehatan Inggris sedang menunggu data lebih lanjut tentang profil keamanan vaksin dan tingkat sindrom pasca-Covid pada anak-anak.

Sejumlah ahli terkemuka mengatakan bahwa vaksinasi orang yang lebih muda bisa membantu mengelola pandemi dengan lebih baik, melindungi remaja dari infeksi parah dan Covid yang berkepanjangan. 

“Dengan Inggris sekarang dalam cengkeraman gelombang yang disebabkan oleh sirkulasi varian Delta yang lebih menular, penundaan (vaksinasi) sekarang kemungkinan memiliki konsekuensi kesehatan masyarakat yang signifikan,” kata Profesor Aris Katzourakis, ahli virologi evolusi di Universitas Oxford.

“Karena vaksin ini (Pfizer dan Moderna) terbukti aman untuk anak berusia 12 hingga 18 tahun dan memiliki manfaat yang jelas, masuk akal untuk membukanya kepada kelompok usia yang lebih muda sesegera mungkin,” imbuhnya. 

Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)
Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)

Dokter Stephen Griffin, ahli virologi di Universitas Leeds mengatakan bahwa membiarkan jutaan anak tidak divaksinasi kemungkinan akan mencegah Inggris mencapai ambang batas kekebalan yakni 85 hingga 90 persen.

"Yang diperlukan di seluruh populasi adalah untuk mencegah penyebaran varian Delta yang sangat menular," ujar dokter Griffin. 

Di Inggris, satu dari setiap 100 anak yang terinfeksi Covid-19 dirawat di rumah sakit dengan jumlah hampir 6.000 penerimaan sejak awal pandemi. Dari mereka yang dirawat di rumah sakit, sekitar 750 anak juga telah dirawat di perawatan intensif dengan sindrom multisistem inflamasi pediatrik (PIMS) sejak April 2021.

Berita Terkait

Berita Terkini