Info

Ampuh Ringankan Efek Samping Vaksin Covid-19, Konsumsi 5 Makanan ini!

Beberapa makanan dipercaya mampu meredakan efek samping setelah suntik vaksin Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)

Himedik.com - Umumnya, efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 berupa nyeri lengan, demam, lemah dan kelelahan yang berlangsung selama 2-3 hari.

Efek samping ini pastinya cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena itu, Anda harus mencari cara untuk mengatasi efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 tersebut.

Beberapa bahan makanan pun dipercaya bisa membantu mengatasi kelelahan dan efek samping lain setelah suntik vaksin Covid-19. Berikut ini dilansir dari Times of India, 5 makanan terbaik untuk meredakan efek samping vaksin Covid-19.

1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus, anti-inflamasi, analgesic dan anti-jamur. Kunyit bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Kurkuminoid dan minyak esensial dalam kunyit adalah konstituen bioaktif utama kunyit dan bertindak sebagai agen terapeutik untuk kesehatan tubuh.

Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)
Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)

2. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah unggulan yang memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Jahe memiliki asam amino yang bisa mengatasi stres pikiran. Bila Anda mencampurkan jahe dalam minum teh, Anda akan merasa lebih santai dan rileks setelah suntik vaksin Covid-19.

3. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan serat tinggi, vitamin C, provitamin A karotenoid, folat, mangan dan vitamin K yang paling penting. Nutrisi dalam sayuran berdaun hijau ini akan membantu Anda menjaga metabolisme dan membuat mengatasi kelelahan. Bahkan, mengonsumsinya bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh setelah vaksinasi.

4. Makanan kaya kandungan air

Makanan yang kaya kandungan air bisa membantu tubuh terhidrasi secara menyeluruh setelah suntik vaksin Covid-19. Makanan ini akan membantu Anda untuk menjaga suhu tubuh dan kondisi mental setelah vaksinasi.

Mendapatkan banyak nutrisi dalam makanan ini juga akan membantu tubuh tetap segar dan tenang. Anda bisa mengonsumsi buah jeruk, melon, mentimun, buah persik dan lainnya setelah suntik vaksin Covid-19.

5. Biji-bijian

Makan biji-bijian bisa membantu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan sepanjang waktu. Pencernaan yang lebih baik akan membantu meningkatkan kesehatan dan mendongkrak energi tubuh Anda. Karena, kandungan serat dari makanan ini akan mendukung penyerapan nutrisi yang lebih baik di usus dan konversi energi.

Berita Terkait

Berita Terkini