Info

Benarkah Bawang Putih Bisa Bantu Redakan Hidung Mampet? Simak Kata Dokter

Hidung tersumbat memang mengganggu, namun benarkah pakai bawang putih bisa membantu?

Fita Nofiana

Ilustrasi pilek. (shutterstock)
Ilustrasi pilek. (shutterstock)

Himedik.com - Belakangan viral di TikTok tentang mengatasi hidung tersumbat dengan memasukkan bawang putih ke hidung. 

Padahal melansir dari Health, memasukkan bawang ke hidung tidak bisa membuat Anda terbebas dari hidung tersumbat. Cara ini juga disebut tak aman untuk Anda. 

"Ketika Anda sesak, Anda memiliki banyak lendir," Katie Phillips, MD, asisten profesor otolaryngology-bedah kepala dan leher di University of Cincinnati College of Medicine, mengatakan kepada Health. 

"Bawang putih sendiri tidak akan benar-benar membantu mengatasi hidung tersumbat. Alih-alih membersihkan sinus, Anda malah menghalangi sinus dengan bawang," imbuhnya. 

Bawang putih tidak aktif secara topikal, jadi menempatkannya di lubang hidung Anda tidak akan mengurangi mampet. Hal ini juga mungkin menyebabkan iritasi pada selaput lendir di hidung.

Hidung tersumbat. (Shutterstock)
Hidung tersumbat. (Shutterstock)

Memasukkan bawang putih ke dalam lubang hidung Anda menimbulkan beberapa bahaya seperti membuatnya tersangkut sehingga dapat merusak rongga hidung. 

"Saya akan mengatakan bahwa saya telah mengeluarkan bawang putih dari saluran telinga orang dan itu tidak membantu mengatasi hidung tersumbat," kata Dr. Phillips.

Dalam tinjauan ilmiah seputar berbagai strategi kesehatan dan kebugaran untuk mengatasi flu biasa, Pusat Nasional Kesehatan Pelengkap dan Integratif (NCCIH) tidak menyebutkan menempelkan siung bawang putih ke hidung Anda.

Sedangkan untuk mengonsumsi bawang putih, baik sebagai makanan atau suplemen makanan, belum ada bukti cukup untuk menunjukkan apakah bawang putih benar-benar dapat mencegah atau mengobati pilek.

Di sisi lain, NCCIH menemukan bahwa mengairi hidung Anda dengan garam, menggunakan neti pot atau alat pembilas lainnya dapat membantu daripada bawang putih.

Berita Terkait

Berita Terkini