Info

Warna Lidah Bisa Deteksi Masalah Kesehatan, Cek Sekarang!

Warna lidah bisa menggambarkan kondisi kesehatan Anda.

Shevinna Putti Anggraeni

llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)
llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)

Himedik.com - Lidah tidak hanya berfungsi sebagai indra perasa, tapi juga bisa membantu mendeteksi masalah kesehatan. Anda bisa mendeteksinya melalui warna lidah.

Umumnya, lidah manusia berwarna merah muda. Tapi, sedikit perubahan pada warna lidah yang disertai rasa sakit bisa mengarah pada masalah kesehatan tertentu.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa perubahan pada lidah yang bisa menandakan masalah kesehatan.

1. Lidah berwarna putih

Lapisan atau bercak putih pada lidah yang membuatnya terlihat pucat bisa menandakan masalah kesehatan serius, kandidiasis mulut. Kandidiasis mulut adalah pertumbuhan berlebih dari jamur candida albicans yang menyebabkan sariawan atau penyakit jamur lainnya.

Ilustrasi lidah berwarna putih (Pixabay/alehidalgo)
Ilustrasi lidah berwarna putih (Pixabay/alehidalgo)

Sebenarnya, jamur candida albicans selalu ada di mulut dan sama sekali tidak berbahaya. Bakteri simbiotik dalam tubuh Anda menjaga C. Albicans tetap terkendali jika sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

Jika kekebalan tubuh Anda melemah atau pertumbuhan bakteri terganggu, jamur bisa menyebar di luar kendali sehingga membuat lidah terlihat putih.

2. Lidah berwarna merah

Lidah merah bisa menjadi tanda kekurangan nutrisi atau masalah mulut seperti defisiensi B-12 dan glossitis migrasi jinak. Kekurangan asam folat atau vitamin B12 bisa membuat lidah Anda tampak merah. Karena itu, Anda perlu meningkatkan asupan vitamin dengan mengikuti praktik diet bergizi.

Sedangkan, glossitis migrasi jinak adalah kondisi yang tidak berbahaya dan tidak menular yang membuat pola seperti peta di lidah. Kondisi ini bisa menjadi gejala yang signifikan dari berbagai alergi, defisiensi, diabetes atau stres.

Selain itu, lidah berwarna merah bisa disebabkan oleh demam berdarah dan penyakit Kawasaki. Demam berdarah membuat lidah terlihat merah dan bergelombang. Jika tak diobati, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius, seperti jantung, ginjal dan organ lainnya.

Sementara, penyakit Kawasaki lebih umum terjadi pada bayi dan anak-anak yang menyebabkan lidah terlihat merah, disertai gejala lain seperti demam tinggi, radang pembuluh darah dan lainnya.

3. Lidah berwarna hitam

Papila pada epitel otot lidah tumbuh sepanjang hidup. Tapi, pertumbuhan yang luar biasanya bisa membuat lidah rentan terserang bakteri sehingga lidah berwarna hitam.

Tapi, kebersihan gigi yang baik dan teratur bisa mencegah kondisi tersebut. Lidah hitam juga terlihat pada pasien diabetes dan kanker yang menjalani kemoterapi.

Berita Terkait

Berita Terkini