Info

Kabar Baik, Vaksin Covid-19 mRNA Baik untuk Penderita Sirosis!

Vaksin Covid-19 mRNA terbukti cocok bagi penderita sirosis.

Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19. (Pixabay)
Vaksin Covid-19. (Pixabay)

Himedik.com - Penelitian baru menemukan vaksin Covid-19 mRNA bekerja cukup baik pada penderita sirosis. Hal ini, terutama dari seorang veteran AS yang menderita sirosis setelah menerima suntikan vaksin mRNA.

Hasilnya vaksin Covid-19 mRNA ini memberikan tingkat perlindungan yang tinggi terhadap risiko rawat inap dan kematian akibat virus corona Covid-19 pada penderita sirosis.

Temuan itu muncul ketika otoritas kesehatan federal (FDA) mengatakan ada dua kelompok orang yang menjadi perhatian terkait dengan potensi penggunaan suntikan penguat vaksin Covid-19.

Kelompok orang yang menjadi perhatian itu termasuk orang usia 75 tahun ke atas dan memiliki sistem kekebalan lemah atau gangguan kekebalan.

Para peneliti mencatat bahwa pasien sirosis memiliki disregulasi kekebalan yang berhubungan dengan hyporesponsiveness vaksin mRNA.

"Penelitian yang sedang berlangsung oleh FDA dan panel CDC ini bekerja untuk menentukan apakah, kapan dan untuk siapa suntikan penguat vaksin Covid-19 diperlukan," jelas FDA dikutip dari Fox News.

Ilustrasi vaksin COVID-19, vaksin mRNA, vaksin Pfizer (pixabay)
Ilustrasi vaksin COVID-19, vaksin mRNA, vaksin Pfizer (pixabay)

Namun, sekarang ini FDA dan CDC mengatakan orang Amerika yang sudah suntik vaksin Covid-19 lengkap tidak membutuhkan suntikan penguat atau suntikan ketiga vaksin Covid-19.

Para peneliti yang berafiliasi dengan Pusat Medis Bruce W Carter VA di Miami menerbitkan temuannya di JAMA Internal Medicine, yang telah melibatkan 20.037 veteran AS dengan sirosis dan sudah menerima setidaknya satu kali suntikan vaksin Covid-19.

Para peneliti menggunakan data nasional dari kohort Veterans Outcomes and Costs Associated with Liver disease (VOCAL) untuk melakukan penelitian.

Hasilnya, vaksin Pfizer dan Moderna bisa menurunkan risiko pasien terinfeksi virus corona Covid-19 sebesar 64,8 persen dan menurunkan risiko rawat inap atau kematian terkait virus corona Covid-19 100 persen setelah 18 hari.

Namun, mereka dengan fungsi hati yang lebih buruk atau sirosis dekompensasi memiliki perlindungan yang lebih rendah terhadap infeksi virus corona Covid-19 dibandingkan dengan pasien dengan sirosis kompensasi atau orang tanpa gejala yang masing-masing 50,3 persen dan 66,8 persen.

Sedangkan, perlindungan terhadap infeksi virus corona Covid-19 menjadi 78,6 persen meskipun dosis kedua vaksin Covid-19 ini telah ditingkatkan.

Para peneliti menyimpulkan kesenjangan pengetahuan yang signifikan berkaitan dengan tingkat kemanjuran vaksin Covid-19 pada pasien sirosis, terutama orang yang menderita penyakit dekompensasi.

Perlu dipahami bahwa pasien sirosis yang vaksinasi maupun tidak akan menghadapi jumlah infeksi virus corona Covid-19 yang sama dalam 28 hari setelah suntikan pertama, meskipun manfaat dari vaksinasi dilaporkan setelah 28 hari.

Adapun pasien sirosis yang terlibat dalam penelitian ini rata-rata berusia sekitar 69 tahun , yang mana 97 persennya laki-laki dan 60 persen berkulit putih.

“Studi kohort dari veteran AS ini menemukan bahwa pemberian vaksin mRNA berkaitan dengan risiko penurunan infeksi virus corona Covid-19 yang tertunda. Tapi, vaksin ini bisa menurunkan risiko rawat inap dan kematian akibat Covid-19 yang cukup signifikan pada pasien sirosis," jelasnya.

Penulis penelitian mengatakan bahwa sementara pasien sirosis menginduksi respons terbatas terhadap vaksin Covid-19 lain dan sudah terbukti bahwa vaksin mRNA lebih membantu menurunkan risiko infeksi virus corona Covid-19.

 

Berita Terkait

Berita Terkini