Info

Mau Berolahraga Usai Terinfeksi Covid-19? Simak Saran Studi Berikut

Kapan mantan pasien Covid-19 bisa berolahraga kembali? simak hasil studi berikut.

Fita Nofiana

Olahraga sembari mendengarkan musik. (thinkstock)
Olahraga sembari mendengarkan musik. (thinkstock)

Himedik.com - Berolahraga memang umumnya baik untuk kesehatan. Manfaat dari olahraga ini termasuk peningkatan kesehatan secara keseluruhan, kebugaran dan kualitas hidup.

Selain itu juga pengurangan risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, demensia dan jenis kanker tertentu.

Namun bagaimana dengan pasien Covid-19 yang baru pulih?

Sebuah laporan baru-baru ini di The BMJ menyarankan bahwa sementara mungkin ada risiko tertentu yang terkait dengan memulai kembali aktivitas fisik setelah dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Orang yang mengalami gejala Covid-19 ringan hingga sedang dan tidak memerlukan rawat inap dapat melanjutkan aktivitas fisik sekitar satu minggu setelah gejala telah mereda. 

Melansir dari Medical Xpress, disarankan agar orang-orang ini kembali beraktivitas secara bertahap, mungkin dimulai dengan satu minggu latihan peregangan dan penguatan otot tingkat rendah.

Ilustrasi olahraga. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi olahraga. (Pixabay/Free-Photos)

Anda dapat membangun olahraga dengan berjalan  sambil menghindari latihan intensitas tinggi atau latihan berkepanjangan selama awal kembali ke aktivitas normal.

Mereka yang dirawat di rumah sakit harus mencari nasihat medis dari profesional perawatan kesehatan untuk menilai risiko mereka sebelum kembali beraktivitas.

Anda juga harus realistis tentang seberapa cepat Anda, jangan dipaksakan. 

Selain itu, mereka yang masih memiliki gejala Covid-19 yang kadang-kadang disebut sebagai sindrom gejala Covid-19 jangka panjang mungkin mengalami kesulitan yang lebih besar untuk kembali berolahraga.

Sekali lagi, orang-orang seperti ini harus mencari saran dari penyedia layanan kesehatan mereka sebelum kembali ke tingkat aktivitas olahraga sebelum Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini