Info

Pulihkan Penciuman dan Perasa Usai Covid-19, Coba 5 Bahan Rumahan Berikut

Berikut lima bahan rumahan yang disarankan untuk mengembalikan indra penciuman dan perasa.

Fita Nofiana

Indera penciuman. (Pixabay)
Indera penciuman. (Pixabay)

Himedik.com - Terinfeksi Covid-19 sering kali memicu masalah lehilangan indra penciuman dan perasa. Sayangnya kondisi ini sering dilaporkan tetap bertahan meski Anda sudah sembuh dari Covid-19. 

Kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan beberapa pengobatan rumahan untuk mengembalikan pembauan dan rasa. Melansir dari Healthshots, berikut adalah lima pengobatan rumahan untuk mengembalikan indra perasa dan penciuman Anda kembali normal setelah Covid-19, antara lain: 

1. Minyak jarak

Menurut dokter Ankita Gupta, ahli Ayurveda dari Birla Ayurveda, India menunjukkan bahwa minyak jarak mungkin bisa membantu. 

"Taruh satu tetes minyak jarak hangat di setiap lubang hidung. Lakukannya dua kali sehari untuk hasil terbaik. Praktik ini bermanfaat dalam menghilangkan peradangan," kata Dr Ankita Gupta.

Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)
Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)

2. Bawang putih

Tambahkan 2 hingga 3 buah bawang putih cincang ke dalam secangkir air. Rebus bahan dalam panci. Setelah campuran mendingin, saring sepenuhnya dan minum. 

Sifat anti-inflamasi dari senyawa bawang putih dapat membantu mengobati hidung tersumbat.

3. Lemon

Tambahkan lemon dan madu ke dalam segelas air. Anda bisa langsung meminum campuran ini. Minuman ini memiliki aroma jeruk yang kuat. Khasiat kedua bahan ini dapat membantu mengembalikan rasa dan bau.

4. Jahe

Menurut dokter Gupta, sifat hangat jahe juga bisa membantu meningkatkan indra penciuman dan perasa. 

"Ambil sepotong jahe kupas dan kunyah perlahan. Mulailah mengunyah potongan jahe secara berkala. Jika Anda tidak bisa mengunyah potongan jahe secara langsung, konsumsilah teh jahe. Lakukan ini setiap hari. Aroma jahe kuat dan dapat meningkatkan indra penciuman dan rasa Anda," saran dokter Gupta.

Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)
Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)


5. Minum air putih yang cukup

Minum banyak air membantu dalam membersihkan batuk. Air membuat tubuh terhidrasi yang juga dapat membantu menghindari masalah bau dan rasa.

"Dengan bantuan uap panas, hidung tersumbat akan sembuh. Itu akan membuat hidung Anda terbuka untuk bernapas," saran Dr Gupta.

Berita Terkait

Berita Terkini