Info

Penting, 5 Cara agar Kolesterol Tak Melonjak Usai Santap Jeroan

Jangan sampai tiba-tiba kadar kolesterol sudah melonjak.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi menumis daging. (pixabay/agamaszota)
Ilustrasi menumis daging. (pixabay/agamaszota)

Himedik.com - Daging serta jeroan sisa Idul Adha memang sayang untuk dilewatkan. Tapi konsumsi dengan bijak ya, agar kolesterol tak ikut naik.

Kolesterol adalah zat yang berguna bagi tubuh, tapi kadar kolesterol yang tinggi akan memicu tekanan darah tinggi (hipertensi), sakit jantung hingga stroke, akibat lemak yang menumpuk di pembuluh darah.

Sayangnya kadar kolesterol yang tinggi kerap tidak terdeteksi. Tahu-tahu saja kadar kolesterol sudah melonjak dengan ditandai hipertensi. Itu sebabnya, bagi Anda pecinta jeroan, wajib mengontrol kadar kolesterol dengan beberapa cara berikut, mengutip dari Healthline.

1. Mengonsumsi makanan berserat
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi banyak serat, khususnya serat larut yang ditemukan dalam buah-buahan, kacang-kacangan, dan gandum, bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein).

Kadar LDL adalah kolesterol yang dapat menumpuk di pembuluh darah dan membuatnya menyempit. Berikut ambang batas LDL:

  • Kategori normal, maka ambang batasnya kurang dari 100 mg per dL.
  • Kategori mendekati optimal, kadarnya 100 hingga 129 mg per dL.
  • Kategori di atas tinggi 130 hingga 159 mg per dL.
  • Kategori tinggi, 160 hingga 189 mg per dL.
  • Kategori sangat tinggi, lebih dari 190 mg per dL.
Jus sayur. (pixabay/PhotoMIX-Company)
Jus sayur. (pixabay/PhotoMIX-Company)

2. Memperbanyak aktivitas fisik
Lebih banyak berolahraga dari biasanya akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol. Olahraga aerobik intensitas tinggi dianggap paling efektif menurunkan kadar LDL.

Melalui aktivitas fisik, akan semakin banyak kalori dari lemak yang terbakar sehingga bisa diserap tubuh, dan penumpukan kolesterol di pembuluh darah pun bisa dikurangi.

3. Menurunkan berat badan
Berfokus menurunkan berat badan menjadi normal adalah cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol, karena secara langsung ini bisa menurunkan LDL, tapi di sisi lain bisa meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) yang sangat baik untuk kesehatan.

HDL sendiri merupakan kolesterol baik yang tugasnya mengangkut lemak dari pembuluh darah atau jaringan lain dan kembali ke hati. Ambang batasnya sebagai berikut :

  • Kategori rendah kurang dari 40 mg per dL.
  • Kategori tinggi 60 mg per dL.
Ilustrasi menurunkan berat badan. (pixabay)
Ilustrasi menurunkan berat badan. (pixabay)

4. Berhenti merokok
Merokok secara signifikan bisa meningkatkan kadar LDL, kanker, sakit jantung dan emfisema (gangguan pernapasan). Sehingga berhenti merokok bisa menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat.

5. Konsumsi makanan tinggi omega-3
Makanan kaya omega-3 seperti salmon atau mengonsumsi suplemen omega 3 seperti minyak ikan telah terbukti mengurangi LDL dan meningkatkan kadar HDL.

(Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Berita Terkait

Berita Terkini