Info

Orang Terdekat sedang Alami Depresi? Anda Bisa Lakukan Hal Ini

Saat Anda menemukan seseorang dalam kesusahan atau kesedihan yang terus-menerus, tanyakan keadaan mereka.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi wanita depresi - (Pixabay/JerzyGorecki)
Ilustrasi wanita depresi - (Pixabay/JerzyGorecki)

Himedik.com - Diskusi seputar kesehatan mental sering kali dihindari,. Padahal tidak semua orang dapat menangkap tanda-tanda atau menangani seseorang yang menderita masalah kesehatan mental seperti depresi.

Tetapi dilansir dari Times of India, ada beberapa hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit sahabat atau kerabat untuk bangkit dari kegelapan mereka.  Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Tanya apakah mereka baik-baik saja
Saat Anda menemukan seseorang dalam kesusahan atau kesedihan yang terus-menerus, terlepas dari apakah mereka menderita depresi atau tidak, tanyakan apakah mereka baik-baik saja. Anda tidak pernah tahu, mungkin mereka dapat merasakan sedikit kehangatan dari perhatian yang Anda berikan.

2. Kebutuhan untuk merasa diinginkan dan dicintai
Biarkan mereka tahu bahwa Anda mencintai mereka apa pun yang terjadi. Bantulah mereka memahami betapa pentingnya hidup mereka bagi Anda. Ini akan membantu mereka menyadari nilai mereka di dunia dan bagaimana hidup mereka dapat membuat perbedaan bagi orang lain.

3. Jangan dihakimi, tapi dipahami
Seringkali kita cenderung memandang rendah orang-orang dengan depresi atau tidak waras. Tetapi daripada fokus pada masalah mereka, mereka akan menghargai jika Anda memahami gejala dan penyebab sebenarnya di balik situasi mereka. Belajarlah untuk menempatkan diri pada posisi mereka untuk memahami apa yang sebenarnya mereka alami.

4. Tetaplah bersama meski mereka tidak mengucapkan sepatah kata
Satu hal yang disukai oleh seseorang yang sedang menghadapi depresi adalah seseorang yang tetap bersama mereka pada saat terjadi kekacauan. Apakah mereka ingin berbicara atau tidak, serahkan pada mereka. Tetapi pastikan untuk tetap dekat dan buat mereka merasa diinginkan dan dicintai.

5. Tetap beri perhatian bahkan setelah mereka mengatakan baik-baik saja
Saat Anda bertanya kepada seseorang apakah mereka baik-baik saja atau tidak, jangan langsung pergi. Hanya karena mereka mengatakan mereka baik-baik saja, bukan berarti mereka merasakan hal yang sama.

Pastikan selalu mengecek dan bertanya lagi apakah mereka benar baik-baik saja. Ini akan membuat mereka merasa lega dan bahkan mungkin mendorong mereka untuk mengungkapkan masalah mereka kepada Anda.

(Suara.com/Dian Kusumo Hapsari)

Berita Terkait

Berita Terkini