Info

Jangan Langsung Pakai Obat Kumur Usai Sikat Gigi, Berikut Saran Dokter

Dokter bahkan menyatakan bahwa pakai obat kumur langsung usai sikat gigi malah dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Fita Nofiana

Ilustrasi obat kumur. (Shutterstock)
Ilustrasi obat kumur. (Shutterstock)

Himedik.com - Umumnya orang akan memakai obat kumur usai sikat gigi. Namun seorang dokter gigi mengklaim bahwa menggunakan obat kumur langsung setelah menyikat gigi malah bisa berbahaya.

Melansir dari Independent, dalam serangkaian video TikTok, Anna Peterson, seorang dokter gigi yang berbasis di London menjelaskan bahwa berkumur dengan obat kumur setelah menyikat gigi dapat menghilangkan beberapa perlindungan yang diberikan pasta gigi.

"Menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi akan membuat gigi berlubang, jadi berhentilah melakukannya," katanya dalam sebuah video yang kini telah dilihat hampir dua juta kali.

Peterson menjelaskan bahwa pasta gigi memiliki 1.450 bagian per juta fluorida. Fluorida adalah mineral alami yang membantu mencegah kerusakan gigi. Hal ini ditemukan dalam pasta gigi, air dan beberapa makanan.

Menurut Peterson, berkumur dengan obat kumur langsung setelah menyikat gigi bisa membilas perlindungan yang diberikan oleh fluorida konsentrasi tinggi ke florida konsentrasi mineral yang jauh lebih rendah dari obat kumur.

Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)


Pedoman National Health Service (NHS) Inggris juga menyatakan hal yang sama. Menurut NHS, menggunakan obat kumur yang mengandung fluorida dapat membantu mencegah kerusakan gigi, tetapi jangan gunakan obat kumur (bahkan yang berfluoride) langsung setelah menyikat gigi karena akan menghilangkan konsentrasi floutrida dalam pasta gigi.

Seorang juru bicara British Dental Association mengatakan kepada bahwa kecuali Anda telah disarankan oleh dokter gigi Anda, Anda tidak boleh menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi.

"Saya tidak tahu mengapa perusahaan obat kumur tidak mengubah anjuran mereka. Jumlah fluorida dalam obat kumur biasanya pada konsentrasi yang jauh lebih rendah daripada pasta gigi," kata juru bicara tersebut.

"Saya sama sekali tidak menentang obat kumur karena saya benar-benar merekomendasikannya kepada pasien saya. Tetapi tidak setiap pasien membutuhkannya dan saya tentu tidak menyuruh mereka menggunakannya setelah menyikat gigi," kata Peterson.

Senada dengan NHS, dia menjelaskan bahwa obat kumur harus digunakan pada waktu yang berbeda dengan menyikat gigi. 

Apapun yang Anda makan akan mengandung gula. Apa yang terjadi ketika Anda makan gula adalah mulut Anda menjadi asam, sehingga pH turun. Pada titik ini, menyikat gigi untuk meningkatkan pH berbahaya karena menyikat asam ke dalam gigi. Sebaliknya, Peterson merekomendasikan menggunakan obat kumur usai makan daripada sikat gigi langsung.  

Berita Terkait

Berita Terkini