Info

Lebih Sehat Dimakan Mentah, Konsumsi 5 Makanan Berikut Tanpa Dimasak

Berikut beberapa asupan yang lebih baik dikonsumsi saat metah, apa saja?

Fita Nofiana

Ilustrasi makanan sehat (shutterstock)
Ilustrasi makanan sehat (shutterstock)

Himedik.com - Tak semua makanan harus dimasak sebelum dimakan, sebab beberapa makanan sehat bisa kehilangan nutrisi saat dimasak. Karena itu, Anda perlu mengawasi makanan mana yang membawa lebih banyak nutrisi jika tidak dimasak. 

Melansir dari Healthshots, berikut makanan sehat yang sebaiknya tak perlu Anda masak untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap, antara lain:

1. Kacang

Kacang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga terkait dengan berbagai manfaat kesehatan. Dari makanan penutup hingga minuman, kacang dapat menjadi tambahan.

Jika kacang dipanaskan, kandungan kalori dan lemaknya meningkat. Karena itu, Anda harus mengonsumsinya mentah.

Mengkonsumsi kacang mentah seperti almond, mete, hazelnut, atau pecan menawarkan magnesium dan zat besi yang sangat baik untuk tubuh Anda.

2. Brokoli

Ilustrasi Brokoli. (freepik)
Ilustrasi Brokoli. (freepik)

Sebagai makanan yang super, brokoli mengemas nutrisi padat dalam bentuk serat, protein, zat besi, magnesium, kalsium, selenium, magnesium, serta vitamin A, B, C, D, E, dan K. Dalam hal ini, brokoli paling baik bila dikonsumsi mentah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, orang yang mengonsumsi brokoli mentah menyerap sulforaphane lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsinya dalam keadaan matang.

3. Kelapa

Makan kelapa mentah lebih baik karena sangat bergizi dengan mengandung serat, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang terlibat dalam banyak fungsi tubuh. Selain itu, kelapa adalah makanan yang menghidrasi secara alami dan memiliki kadar elektrolit tinggi. 

Anda bisa minum air kelapa, karena ini adalah cara termudah untuk mendapatkan manfaat hidrasinya.

4. Bawang

Menurut sebuah studi dari Cornell University, bawang mentah mengandung senyawa belerang dan antioksidan penangkal kanker yang hanya ada dalam airnya, Anda dapat menambahkan bawang ke salad Anda, saat Anda makan siang dan makan malam.

5. Buah bit

Jus buah bit ternyata bisa mengatasi impotensi.
Jus buah bit ternyata bisa mengatasi impotensi.


Bit kaya serat, vitamin C, potasium, mangan, dan vitamin B dan folat yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Buah bit meningkatkan sistem kekebalan tubuh, stamina, melawan peradangan, menurunkan tekanan darah dan bahkan mencegah kanker. .

6. Tomat

Tomat adalah sumber makanan utama antioksidan seperti likopen yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. 

Makan dengan kondisi mentah mungkin ide yang sehat karena tomat adalah sumber vitamin C, potasium dan vitamin K, yang secara positif dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini