Info

Virus Corona Covid-19 vs Sinusitis, Begini Cara Membedakan Gejalanya!

Gejala virus corona Covid-19 dan sinusitis hampir mirip sehingga perlu mengetahui cara membedakannya.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona Covid-19, sinusitis. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona Covid-19, sinusitis. (Pixabay)

Himedik.com - Di ancaman virus corona Covid-19, perubahan cuaca dan alergi musiman yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan semakin meningkatkan kekhawatiran.

Apalagi banyak gejala virus corona Covid-19 yang mirip dengan infeksi sinusitis, seperti pilek, sakit kepala atau hidung tersumbat. Gejala yang sangat mirip ini membuat seseorang kesulitan membedakan virus corona Covid-19 atau sinusitis.

Padahal memahami perbedaan gejala sinusitis dan virus corona Covid-19 sangat penting. Cara ini berfungsi menghentikan penyebaran virus corona Covid-19 dan memutuskan tindakan medis yang tepat.

Tapi, banyak orang mungkin belum memahami gejala virus corona Covid-19 mirip dengan sinusitis. Sinus adalah kantong berongga yang terletak di tengkorak.

Terkadang, infeksi, bakteri atau virus bisa menyebabkan peradangan pada jaringan sinus. Gejala infeksi sinus ini sangat mirip dengan gejala virus corona Covid-19, seperti pilek, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan demam.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Cara membedakan sinusitis dan virus corona Covid-19

Pada dasarnya, gejala umum virus corona Covid-19 dan infeksi sinus antara lain:

  1. Hidung tersumbat
  2. Demam
  3. Kelelahan
  4. Sakit tenggorokan
  5. Sakit kepala

Namun dilansir dari Times of India, ada beberapa gejala infeksi sinus yang berbeda dengan virus corona Covid-19, seperti:

  1. Sakit gigi
  2. Nyeri pada sinus
  3. Bau mulut
  4. Indra penciuman hilang
  5. Lendir berwarna
  6. Tetes postnasal

Gejala paling utama dari infeksi sinus adalah rasa sakit pada sinus yang dikombinasikan dengan hidung berair dan tersumbat. Ini adalah tanda pasti bahwa Anda menderita infeksi sinus.

Karena infeksi virus corona Covid-19 bisa lebih intens dan berbahaya bagi orang-orang di sekitar Anda, sangat penting untuk melakukan praktik pencegahan sejak hari pertama. Terutama, ketika Anda mengalami kesulitan bernapas, sakit badan dan nyeri, mual, muntah, dan diare.

Berita Terkait

Berita Terkini