Info

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah-buahan ini Aman Dimakan dan Banyak Manfaatnya!

Beberapa biji buah-buahan bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Shevinna Putti Anggraeni

Buah-buahan. (pixabay/couleur)
Buah-buahan. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Makan buah-buahan secara teratur sangat dianjurkan, karena baik untuk kesehatan. Sebab, buah-buahan salah satu makanan terbaik yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

Tapi, kebanyakan orang ketika mengonsumsi buah-buahan berbiji pasti akan membuang bagian bijinya. Padahal, biji dalam buah-buahan juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Karena itu, penting untuk mengetahui manfaat kesehatan dari buah-buahan sekaligus bijinya. Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa biji-bijian dalam buah yang bisa dikonsumsi dan memberikan manfaat kesehatan.

1. Biji semangka

semangka (Pixabay/stevepb)
semangka (Pixabay/stevepb)

Semangka adalah buah manis dan kaya kandungan air yang baik untuk kesehatan serta menyegarkan. Saat makan buah semangka, Anda mungkin pernah tak sengaja menelan bijinya.

Biji semangka ini penuh dengan vitamin C dan antioksidan yang bisa mengobati jerawat dan membantu menjaga kulit lebih baik secara keseluruhan.

Anda bisa mengonsumsi biji semangka dengan menambahkan sedikit minyak zaitun dan garam, lalu dipanggang. Anda juga bisa memakan biji semangka ini secara langsung.

2. Biji pepaya

Ilustrasi pepaya (Unsplash/Happy Patel)
Ilustrasi pepaya (Unsplash/Happy Patel)

Pepaya adalah buah yang bergizi dan manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Tapi, seringkali orang membuang bijinya ketika memakan pepaya. Padahal biji pepaya kaya akan enzim papain, yang membantu meningkatkan pencernaan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi biji pepaya dengan cara mengunyahnya ketika memakan buahnya. Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk bumbu salad, karena biji pepaya ini baik untuk sistem pencernaan dan kesehatan.

3. Biji delima

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah-buahan ini Aman Dimakan dan Banyak Manfaatnya! - 3

Buah delima salah satu jenis buah yang menyimpan banyak nutrisi penting pada tubuh. Selain bagian dagingnya, biji buah delima juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Anda bisa mengonsumsi biji buah delima dengan menaburkannya dalam makanan atau jus untuk menurunkan berat badan.

4. Biji Alpukat

Ilustrasi alpukat (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi alpukat (Pexels/Daria Shevtsova)

Alpukat salah satu buah yang menyimpan banyak manfaat kesehatan. Tapi, banyak orang yang mengabaikan manfaat dari konsumsi biji alpukat tersebut.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa biji alpukat memiliki sejumlah manfaat kesehatan, baik untuk jantung maupun pembuluh darah.

Anda bisa mengonsumsi biji alpukat dengan mengupas kulitnya yang berwarna cokelat dan keringkan.

Setelah Anda mengeringkannya. Anda bisa memasukkan biji alpukat ke dalam blender hingga berbentuk bubuk yang bisa ditambahkan dalam minuman.

5. Biji jeruk

Jeruk. (Shutterstock)
Jeruk. (Shutterstock)

Anda pasti selalu membuang biji jeruk ketika mengonsumsi, karena mengira tidak memiliki manfaat kesehatan dan berbahaya bila tertelan.

Tetapi, biji jeruk ini bisa membantu mempercepat tingkat energi dalam tubuh. Anda bisa memakan biji jeruk dengan mencampurkannya dalam makanan dan minuman untuk penambah energi.

Berita Terkait

Berita Terkini