Info

Jaga Kekebalan Tubuh, Yuk Konsumsi 5 Jenis Kacang Berikut

Lima jenis kacang-kacangan berikut memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh, apa saja?

Fita Nofiana

Ilustrasi kacang mete. (Shutterstock)
Ilustrasi kacang mete. (Shutterstock)

Himedik.com - Kacang selain menjadi cemilan yang enak memiliki berbagai manfaat kesehatan beragam, termasuk menjaga kekebalan tubuh.  

Melansir dari Times of India, kacang adalah pembangkit  nutrisi. Setiap kacang yang Anda tambahkan ke dalam makanan memiliki beberapa nutrisi khusus yang membantu organ berfungsi lebih efisien.

Misal kacang mete, almond, atau kenari memberi Anda manfaat kesehatan yang tidak sama sama. 

Untuk tujuan membangun kekebalan, berikut beberapa jenis kacang yang perlu Anda konsumsi, antara lain:

1. Almond

Almond kaya akan protein dan mineral penting di mana menjadikannya menjadi salah satu kacang yang paling direkomendasikan untuk anak-anak.

Kacang yang renyah dan lezat ini sangat kaya akan Vitamin E, serta antioksidan kuat yang melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Kacang Almond (freepik).
Kacang Almond (freepik).


Kacang almond juga kaya akan zat besi yang penting untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. Mengkonsumsi 5 hingga 6 almond yang direndam dan dikupas di pagi hari dapat meningkatkan kekebalan, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Kenari

Kenari populer dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak di mana keduanya bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat kacang pohon ini sebagian besar dikaitkan dengan adanya asam lemak Omega 3. 

Nutrisi omega 3 bersifat anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, kenari juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, otak, dan sperma.

3. Kacang brazil

Kacang brazil dikenal karena teksturnya yang lembut, bermentega, dan rasanya seperti kacang. Sebagian besar manfaat kesehatan yang kuat dari kacang brazil adalah karena adanya selenium, elemen penting untuk fungsi. 

Kacang brazil mengandung jumlah selenium tertinggi daripada kacang lainnya. Setiap kacang mengandung sekitar 96 mcg selenium dan beberapa varietas dapat memiliki sebanyak 400 mcg per kacang. 

Segenggam kacang brazil setiap hari dapat meningkatkan fungsi tiroid Anda, mengurangi peradangan serta melindungi jantung dan otak dari beberapa penyakit.

4. Kacang mete

Musim hujan terkenal dengan virus flu dan jika Anda tidak ingin jatuh sakit, ambil segenggam kacang mete. Kacang mete inggi kandungan tembaga dan zat besi yang membantu tubuh Anda lebih banyak sel darah merah dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. 

Kacang mete juga merupakan pilihan camilan yang bagus untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan karena membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak energi saat istirahat.

Kacang-kacangan ini adalah sumber penting magnesium, zinc, dan antioksidan yang memainkan peran penting dalam menjaga kita tetap sehat.

Ilustrasi kacang mete. (Shutterstock)
Ilustrasi kacang mete. (Shutterstock)

5. Pistachio

Kacang pistachio memiliki segudang manfaat kesehatan berkat kandungan arginin dan vitamin B6 di dalamnya. Nutrisi ini meningkatkan aliran darah dengan membantu membawa oksigen melalui aliran darah ke sel. 

Kandungan nutrisi tersebut juga meningkatkan kekebalan dan kesehatan sistem saraf.

Selain itu, arginin dapat membantu pria mengatasi disfungsi ereksi dengan merangsang aliran darah dan vitamin B6 yang bisa membantu mengelola gejala PMS pada perempuan. 

Berita Terkait

Berita Terkini