Info

4 Kesalahan Ini Bikin Manfaat Kesehatan Minum Kopi Berkurang

Minum kopi yang sehat mungkin tidak akan tercapai karena kesalahan ini.

Yasinta Rahmawati

Kopi. (Pixabay/StockSnap)
Kopi. (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum kopi terbukti baik untuk kesehatan. Kopi penuh dengan antioksidan yang menyehatkan otak, vitamin B5 (yang membuat sel darah merah), magnesium (baik untuk otot dan tulang), dan potasium (yang menurunkan tekanan darah).

Tapi perlu dicatat, jika Anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan penuh dari minum kopi, bagaimana cara membuatnya sangat berpengaruh.

Berikut kesalahan umum yang perlu dihindari jika ingin membuat kopi yang sehat, dilansir dari Well and Good.

1. Menambah banyak gula

Tak ada salahnya menginginkan sedikit rasa manis untuk mengimbangi rasa pahit dari secangkir kopi. Tapi masalanya, banyak orang yang cenderung memesan kopi dengan sirup rasa gula tinggi yang tidak memiliki manfaat nutrisi.

Ilustrasi minum kopi bersama gebetan (Shutterstock).
Ilustrasi minum kopi bersama gebetan (Shutterstock).

2. Pakai krimer tinggi lemak

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan menambahkan krimer ke dalam kopi, namun kata ahli diet terdaftar Keri Gans, jenis krimer yang Anda gunakan itu penting. Sebab beberapa krim mengandung lemak jenuh tinggi, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung.

"Jika seseorang menggunakan sedikit, bukan masalah besar, semakin berat mereka, semakin mereka harus memilih dengan bijak," kata Gans.

3. Kopi tanpa filter

Bukan hanya apa yang Anda masukkan ke dalam kopi yang penting, tapi bagaimana Anda menyeduhnya juga berperan. "Penelitian (menunjukkan) bahwa minum kopi tanpa filter dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi daripada kopi yang disaring," kata Gans, mengacu pada penelitian terhadap 508.747 orang yang diterbitkan dalam jurnal European Journal of Preventive Cardiology.

Jadi pastikan kopi disaring jika Anda ingin menyesapnya dengan mempertimbangkan kesehatan jantung.

4 Kesalahan Ini Bikin Manfaat Kesehatan Minum Kopi Berkurang - 2

4. Pakai biji kopi yang terkontaminasi

Kualitas biji kopi tidak kalah penting. "Beberapa biji kopi mungkin memiliki mikotoksin , yang dibentuk oleh jamur," kata Gans. Meski dia menjelaskan bahwa dalam jumlah kecil tidak berbahaya dan jumlah jamur jauh di bawah apa yang dianggap tidak aman, sebaiknya pastikan kualitas biji kopi sebelum Anda membelinya.

Kopi memang merupakan salah satu minuman yang sarat manfaat. Tetapi jika Anda ingin memastikannya sesehat mungkin, mengingat tips minum kopi yang sehat di atas akan berguna.

Berita Terkait

Berita Terkini