Info

3 Orang ini Harus Hati-hati Makan Jambu Biji, ini Dampaknya Pada Kesehatan!

Beberapa orang dengan masalah kesehatan tertentu harus berhati-hati makan jambu biji.

Shevinna Putti Anggraeni

jambu biji (Pixabay/einszweifrei)
jambu biji (Pixabay/einszweifrei)

Himedik.com - Jambu biji adalah buah yang rendah kalori dan sarat dengan serat, sehingga baik untuk diet sehat. Konsumsi buah jambu biji bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Selain buahnya, daun jambu biji juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Studi ini juga menunjukkan bahwa menambahkan ekstrak daun jambu biji ke dalam makanan bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan dan sistem kekebalan.

Tapi dilansir dari Times of India, ada beberapa senyawa dalam buah yang dianggap tidak baik untuk semua orang, terutama orang yang menderita masalah kesehatan tertentu. Berikut ini, daftar orang yang harus berhati-hati konsumsi jambu biji.

1. Penderita perut kembung

Jambu biji kaya akan vitamin C dan fruktosa. Tapi, dosis yang terlalu tinggi dari keduanya bisa membuat perut terasa kembung. Karena, tubuh sulit menyerap terlalu banyak vitamin C.

Begitu pula ketika Anda mengonsumsi fruktosa dalam dosis tinggi. Sekitar 40 persen orang menderita kondisi yang disebut malabsorpsi fruktosa.

Dalam hal ini, gula alami tidak diserap oleh tubuh, melainkan berada di perut kita yang menyebabkan kembung. Bahkan makan jambu biji dan langsung tertidur dapat menyebabkan kembung.

Ilustrasi perut kembung, kram perut, maag. (Shutterstock)
Ilustrasi perut kembung (Shutterstock)

2. Penderita Irritated Bowel Syndrome

Jambu biji kaya akan serat, yang dapat membantu meringankan sembelit dan melancarkan pencernaan.

Namun, asupan jambu biji yang berlebihan dapat mengacaukan sistem pencernaan Anda, terutama jika Anda menderita Irritated Bowel Syndrome.

Kondisi ini juga disebabkan oleh malabsorpsi fruktosa. Jadi, penting untuk membatasi konsumsi buah jambu biji.

3. Penderita diabetes

Jambu biji merupakan salah satu buah pilihan bagi penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah.

Namun, pastikan Anda rutin memperhatikan kadar gula darah jika mengonsumsi secara rutin.

Karena, 100 gram jambu biji mengandung 9 gram gula alami. Jadi, makan terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula darah. Jadi, konsumsilah jambu biji dalam jumlah sedang jika menderita diabetes.

Sebenarnya, makan satu porsi jambu biji dalam sehari masih aman. Tapi, mengonsumsi jambu biji lebih dari itu bukanlah ide yang baik.

Anda bisa mengonsumsi jambu biji di antara dua waktu makan atau sebelum maupun sesudah berolahraga untuk mengisi bahan bakar tubuh.

Sebaiknya, hindari makan buah ini di malam hari, karena bisa menyebabkan pilek dan batuk. Sedangkan, bukti mengenai manfaat minum ekstrak buah atau daun jambu biji masih sangat terbatas.

Berita Terkait

Berita Terkini