Info

Untuk Kesehatan Tulang, Lakukan 5 Hal Ini

Makan sayuran hingga olahraga rutin bisa tingkatkan kesehatan tulang.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Bertambahnya usia meningkatkan risiko seseorang mengalami tulang keropos hingga osteoporosis. Maka dari itu kesehatan tulang harus diperhatikan.

Agar tulang terus sehat, diperlukan gaya hidup yang juga sehat. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kesehatan tulang yang tepat?

Dilansir dari Healthline, lima cara ini bisa membantu Anda meningkatkan kesehatan tulang. Apa saja?

Konsumsi sayur-sayuran

Sayur-sayuran menjadi rekomendasi makanan yang harus Anda konsumsi, jika ingin memperkuat tulang Anda.

Ilustrasi Makan Sayur. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Sayur. (Shutterstock)

Beberapa penelitian menunjukkan, kandungan vitamin C dan antioksidan pada sayuran dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan.

Selain itu, sayuran juga bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang. Juga melindungi tulang Anda dari terjadinya osteoporosis.

Latihan atau berolahraga

Ada jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membangun dan meningkatkan kekuatan tulang Anda. Seperti latihan angkat beban misalnya, yang disebut bisa mendorong pembentukan tulang baru.

Lewat studi yang dilakukan pada anak-anak, termasuk yang menderita diabetes tipe 1, menemukan jenis latihan ini bisa meningkatkan jumlah tulang. Sisi lain, kegiatan ini bisa mencegah dari keroposan tulang pada orang dewasa yang lebih tua.

Sementara itu, studi pada pria dan wanita yang lebih tua menunjukkan, mereka yang melakukan latihan angkat beban dapat meningkatkan kepadatan tulang, kekuatan dan ukuran tulang, serta pengurangan penanda pergantian tulang dan peradangan.

Konsumsi protein yang cukup

Mengonsumsi makanan protein yang cukup sangat penting untuk kesehatan tulang Anda. Faktanya, sekitar 50 persen tulang terbuat dari sumber protein.

Lewat laporan studi dari para peneliti, mengonsumsi asupan protein rendah dapat menurunkan penyerapan kalsium, sehingga ini bisa memengaruhi tingkat pembentukan dan kerusakan tulang.

Ada kekhawatiran bahwa diet tinggi protein dapat melarutkan kalsium dari tulang untuk melawan peningkatan keasaman darah.

Namun demikian, penelitian telah menemukan ini tidak terjadi pada orang yang mengonsumsi 100 gram protein setiap hari, selama diimbangin banyak makanan nabati dan asupan kalsium yang cukup.

Konsumsi suplemen kolagen

Fakta mengungkap, mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu melindungi kesehatan tulang.

Kolagen yang merupakan proteim pertama pada tulang ini, mengandung asam amino glisin, prolin, dan lisin, sehingga kolagen ini dapat membantu membangun tulang, otot, ligament, serta jaringan lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan selama 24 minggu menemukan, suplemen kolagen yang diberikan pada wanita pascamenopause dengan osteoporosis, dapat menurunkan dari kerusakan kolagen.

Konsumsi makanan tinggi kalsium

Kalsium merupakan mineral yang penting untuk kesehatan tulang Anda. Karenanya, mengonsumsi makanan tinggi kalsium dapat melindungi struktur sekaligus kekuatan tulang.

Makanan tinggi kalsium ini bisa Anda konsumsi lewat susu, yoghurt, keju, sayuran, hingga makanan laut.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini