Info

Jangan Takut Makan Malam, Yuk Konsumsi Lima Asupan Sehat Berikut

Berikut beberapa makanan yang cocok jadi menu menu makan malam tanpa takut bikin gemuk.

Fita Nofiana

Buah bit. (iStock)
Buah bit. (iStock)

Himedik.com - Makan malam sering kali dihindari karena dianggap bisa memicu kegemukan dan masalah kesehatan lainnya. Namun maka terlalu larut juga bisa baik jika asupan yang Anda konsumsi menyehatkan. 

Melansir dari Healthshots, untuk memastikan bahwa makan malam Anda menambah nilai bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, membantu pencernaan, dan membantu tidur lebih nyenyak, cobalah memasukkan makanan berikut dalam makan malam, antara lain:

1. Bit

Sayuran ini mengandung berbagai macam vitamin esensial, serat, antioksidan dan mineral yang membantu dalam meningkatkan kesehatan sel, metabolisme, pertumbuhan tulang, dan sistem kekebalan. 

Betalains, antioksidan yang ditemukan dalam bit meningkatkan kesehatan pencernaan dan menekan peradangan.

Kesehatan pencernaan mendapat dorongan tambahan melalui kandungan serat yang tinggi dalam bit karena membantu membersihkan usus besar dan memperbaiki sembelit.

2. Yogurt

Ilustrasi yogurt. [Freepik]
Ilustrasi yogurt. [Freepik]

Yoghurt terbuat dari susu fermentasi dan mengandung bakteri probiotik dan protein yang ramah.

Bakteri ini membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus, sementara protein membantu memperkuat tulang dan otot. 

Masalah lambung seperti kembung, sembelit, dan diare, juga dapat diatasi dengan menambahkan yoghurt ke dalam makanan Anda.

3. Kiwi

Sesuai penelitian yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, kiwi dikemas dengan vitamin A dan E dan mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, tembaga, besi, mangan, sementara juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah yang berarti. 

Kombinasi serat tinggi dan rendah kalori yang lazim dalam kiwi ini sangat ideal untuk manajemen berat badan.

Kiwi adalah sumber yang kaya serat, yang bekerja sangat baik untuk pencernaan, dan juga memperbaiki masalah sembelit karena serat memiliki efek pencahar alami pada sistem pencernaan.

4. Bayam

Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)
Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)


Bayam adalah sumber makanan rendah kalori dan nutrisi tinggi yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ada beberapa resep yang bisa dibuat dengan palak. Sayuran berdaun hijau ini juga kaya akan zat besi, vitamin C, dan antioksidan yang meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. 

Bayam adalah sumber serat tidak larut yang sangat baik, yang membantu menambah jumlah kotoran Anda, mempercepat perjalanannya melalui saluran pencernaan Anda.

5. Kacang

Kacang kaya akan serat dan sumber antioksidan, serta mengandung serat larut dan tidak larut.

Jadi, kacang memperlambat pencernaan pada awalnya yang membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, dan kemudian menambah jumlah tinja dalam sistem pencernaan, untuk mencegah sembelit. 

Kacang juga bagus untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula dan dapat membantu mengelola diabetes.

Berita Terkait

Berita Terkini