Info

Lebih Baik Makan Buah Utuh dari Minum Jus Buah, ini Kata Ahli!

Ahli menyarakan semua orang untuk makan buah-buahan utuh daripada minum jus buah.

Shevinna Putti Anggraeni

buah-buahan (Pexels/Asad Nazir)
buah-buahan (Pexels/Asad Nazir)

Himedik.com - Makan buah-buahan dan sayuran secara rutin sangat disarankan untuk menjaga kesehatan. Tapi, belum banyak yang memahami manfaat kesehatan dari makan buah utuh dan minum jus buah berbeda.

Padahal kita tahu bahwa berbagai jenis buah memberikan manfaat kesehatan, seperti apel bisa meningkatkan pencernaan, blueberry membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit, dan pisang untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus.

Dr Gray Barlett, merekomendasikan semua orang untuk makan buah-buahan utuh daripada minum jus buah. Karena, serat makan dalam daging buah dan kulit mengikat gula alami dalam buah saat melewati sistem pencernaan.

Proses pengikatan ini membuat lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk menyerap gula. Akibatnya, gula dari buah terakumulasi dalam darah pada tingkat yang lebih rendah dan lebih lambat jika Anda makan buah utuh daripada minum jus buah.

Berbeda dengan makan buah utuh, Dr Barlett mengatakan minum jus buah secara langsung bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Karena, tubuh akan lebih cepat melepaskan insulin sebagai respons terhadap kadar gula darah tinggi yang menyebabkan sejumlah besar gula dalam darah diubah menjadi lemak dan glikogen.

Ilustrasi jus buah (shutterstock)
Ilustrasi jus buah (shutterstock)

"Dengan cara ini, lonjakan gula darah menyebabkan penurunan gula darah secara mendadak sehingga membuat Anda lapar. Lapar akan membuatmu makan lebih banyak," kata Dr Barlett dikutip dari Express.

Singkatnya, minum jus buah murni menyebabkan regulasi gula darah yang lebih buruk dan meningkatkan konsumsi kalori, dibandingkan dengan makan buah utuh.

Jika Anda hanya bisa minum jus buah, lebih baik membuat jus buah sendiri tanpa tambahan gula. Tapi, tak semua orang bisa minum jus buah, seperti penderita diabetes.

"Dalam pengalaman saya, banyak penderita diabetes tipe 2 akan berpikir minum jus buah adalah pilihan terbaik. Padahal, minum jus buah bisa membahayakan mereka sendiri dengan meningkatkan kadar gula darah," katanya.

NHS menjelaskan bahwa jus buah da sayuran mengandung berbagai vitamin dan mineral. Segelas jus buah ukuran 150ml, jus buah dan sayuran tanpa gula sama seperti 1 porsi buah dan sayuran. Sedangkan, NHS merekomendasikan semua orang makan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari.

"Minumlah jenis buah dan sayuran lain untuk memenuhi sisa porsi yang belum tercukupi. Karena, gula dalam buah dan sayuran yang dilepaskan ketika dijus menjadikannya gula bebas," jelasnya.

Selain membuat kadar gula darah melonjak, jus buah dapat merusak gigi Anda. Ketika gula bebas itu dilepaskan dalam tubuh, ini akan merusak gigi.

“Gula yang ditemukan secara alami dalam buah dan sayuran utuh cenderung tidak menyebabkan kerusakan gigi karena gula terkandung dalam struktur buah. Jadi membatasi minum jus buah salah satu cara terbaik mengurangi kerusakan gigi," jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini