Info

Tak Banyak yang Tahun, Tidur Telanjang Bisa Beri 5 Manfaat Kesehatan ini!

Ada beberapa manfaat kesehatan dari tidur telanjang tanpa sehelai pakaian.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tidur nyenyak. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi tidur nyenyak. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Umumnya, orang tidur pakai piyama atau pakaian lain yang lebih nyaman. Tapi, tak banyak tahu kalau tidur telanjang justru memberikan sejumlah manfaat kesehatan fisik dan mental.

Manfaat kesehatan dari tidur telanjang ini berhubungan dengan gangguan tidur dan tingkat stres yang menjadi salah satu penyebab sejumlah masalah kesehatan.

Karena itu, perlu adanya solusi untuk mengatasi gangguan tidur dan tingkat stres yang menjadi masalah umum bagi orang dewasa. Salah satunya, tidur telanjang.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa tidur tanpa pakaian bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendorong gaya hidup sehat. Berikut ini dilansir dari Times of India, 5 manfaat kesehatan dari tidur telanjang.

1. Menurunkan stres

Studi telah menemukan bahwa tidur telanjang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda, yang mendukung semua protein dari orak. Pada akhirnya, tidur telanjang bisa mengurangi tingkat stres dalam tubuh, memastikan pikiran dan tubuh sehat.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan dan yoga atau meditasi untuk menyenangkan pikiran dan membantu program saraf Anda.

Ilustrasi stres (pexels/@olly)
Ilustrasi stres (pexels/@olly)

2. Membuat kulit lebih cerah

Kebiasaan ketika tidur juga berhubungan dengan kondisi kulit yang lebih cerah. Dalam hal ini, tidur telanjang bisa membantu tidur lebih nyenyak sehingga kulit lebih segar dan cerah.

Jadi, Anda tak hanya perlu perawatan kulit rutin untuk menjaga kesehatan kulit, tetapi juga butuh pola tidur yang teratur dan nyenyak. Pastikan kulit badan dan wajah bersih sebelum tidur.

3. Meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan

Kurang tidur dan stres bisa menyebabkan peningkatan berat badan. Ketika seseorang stres, tubuh dan kelenjar adrenal akan melepaskan adrenalin dan kortisol yang mengarah pada pelepasan glukosa ke dalam aliran darah.

Hal tersebut sering menyebabkan kenaikan berat badan. Karena itu, tidur lebih nyenyak bisa membantu mengurangi stres dan menurunkan berat badan.

4. Peningkatan jumlah sperma

Skrotum pria yang memegang testis membutuhkan lingkungan yang sejuk dan nyaman. Sedangkan, pakaian ketat bisa suhu lebih tinggi sehingga pria lebih disarankan tidur telanjang.

Tidur tanpa pakaian tidak hanya baik untuk fungsi organ vital mereka, tetapi juga meningkatkan kesuburan pria. Tidur telanjang juga berkaitan dengan peningkatan jumlah sperma yang sehat pada pria.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Studi menemukan bahwa tidur telanjang bisa membebaskan seseorang dari masalah mental dan membantu orang mangatasi standar tubuh yang tidak realistis.

Berita Terkait

Berita Terkini