Info

Ibu Hamil Jangan Bimbang Soal Vaksinasi, Yuk Simak 4 Fakta Berikut

Mungkin banyak perempuan hamil yang ragu untuk melakukan vaksinasi, simak berbagai fakta berikut.

Fita Nofiana

Ilustrasi ibu hamil. (pixabay)
Ilustrasi ibu hamil. (pixabay)

Himedik.com - Seorang kepala bidan Inggris, Jacqueline Dunkley-Bent mengimbau agar perempuan hamil yang ragu-ragu divaksin perlu segera fovaksinasi.  Hal ini disebabkan karena telah terlihat pentingnya vaksinasi di antara ibu hamil

Sebab, Universitas Oxford menemukan lebih dari 99 persen ibu hamil yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 tidak divaksinasi.

Melansir dari Independent, para ilmuwan mengatakan bahwa virus varian Delta menimbulkan risiko penyakit parah yang jauh lebih besar. Saat ini satu dari 10 perempuan hamil yang dirawat di rumah sakit dengan gejala Covid-19 memerlukan perawatan intensif.

Vaksinasi Covid-19 direkomendasikan oleh The Royal College of Obstetricians and Gynecologists pada perempuan hamil, tetapi keputusan tetap menjadi pilihan Anda.

Untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat, berikut adalah beberapa fakta penting vaksinasi pada ibu hamil, antara lain:

1. Uji coba awal telah menunjukkan bahwa tidak ada masalah keamanan

Perempuan hamil di Inggris ditawari vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna. Data dari AS, di mana lebih dari 130.000 perempuan hamil telah mendapatkan jenis vaksin ini, tidak menimbulkan masalah keamanan.

Sekitar 4.000 perempuan hamil di Skotlandia juga telah menerima vaksin tanpa efek samping. Namun, badan amal Tommy dan RCOG mencatat bahwa vaksin Covid-19 belum diuji secara khusus pada perempuan hamil, dan penelitian di masa depan harus memberi kita lebih banyak informasi tentang seberapa efektif vaksin tersebut dalam kehamilan.

Ilustrasi vaksin (pexels.com)
Ilustrasi vaksin (pexels.com)


2. Perempuan yang telah menerima vaksin menularkan antibodi ke bayinya

Sebuah studi yang dilakukan oleh Weill Cornell Medicine dan New York-Presbyterian telah menunjukkan bahwa perempuan yang telah menerima vaksin di masa kehamilan meneruskan antibodi pelindung untuk bayi mereka melalui tali pusar.

Mempelajari 122 wanita, para peneliti melaporkan bahwa 99 persen bayi baru lahir memiliki antibodi setelah ibu mereka menerima kedua dosis vaksin, dan 44 persen bayi memiliki antibodi setelah hanya satu dosis.

Antibodi adalah protein pelindung yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk membantu mendeteksi zat berbahaya yang disebut antigen di mana dapat menyebabkan penyakit akibat Covid-19.

3. Vaksin tidak dapat memberi Anda atau bayi Anda Covid-19

National Health Service (NHS) menekankan bahwa Anda tidak dapat tertular Covid-19 karena memiliki vaksin dan Anda juga tidak dapat menularkannya kepada bayi Anda melalui ASI Anda.

Vaksin mengajarkan sistem kekebalan kita bagaimana mengenali dan melawan virus tertentu. Tidak ada vaksin resmi di Inggris yang mengandung virus hidup yang menyebabkan Covid-19.

4. Orang hamil berada pada peningkatan risiko penyakit parah dari Covid-19

Studi British Medical Journal telah menemukan bahwa orang hamil lebih mungkin sakit parah akibat Covid-19 dibandingkan dengan orang yang tidak hamil. Hal ini disebabkan karena perubahan yang terjadi pada tubuh selama kehamilan meningkatkan risiko sakit parah dengan infeksi virus pernapasan.

Meskipun banyak perempuan hamil mungkin memiliki gejala ringan, 1 dari 10 berisiko dirawat di rumah sakit akibat Covid-19. Mereka melihat bahwa peningkatan jumlah perempuan yang dirawat dengan komplikasi yang lebih serius dari Covid-19 saat hamil, termasuk dua kali risiko lahir mati dan dua kali risiko persalinan prematur.

Berita Terkait

Berita Terkini