Info

Dukung Kesehatan Mental, Simak Lima Manfaat Mendengarkan Musik Berikut

Tak hanya menghibur, musik juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental Anda.

Fita Nofiana

ilustrasi mendengarkan musik (YouTube)
ilustrasi mendengarkan musik (YouTube)

Himedik.com - Musik bukan hanya hiburan tapi juga bisa jadi terapi untuk masalah kesehatan mental. Sebab lebih dari seperlima (23 persen) orang mengatakan musik telah menjadi dukungan terbesar bagi kesehatan mental mereka selama pembatasan wilayah akibat pandemi. Hal ini dinyatakan oleh layanan musik global DICE dan Populous yang mensurvei 2.063 orang.

Melansir dari Independent, musik memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental. Berikut lima manfaat musik bagi kesehatan mental Anda, antara lain:

1. Dapat membawa kembali kenangan indah

Kita tidak bisa selalu membawa diri kita ke waktu yang lebih cerah, lebih bahagia, dan lebih menyenangkan tetapi lagu yang bagus mungkin bisa membawa kita ke kenangan yang indah.

Seperti aroma yang dapat memicu kenangan dan membawa kita kembali ke momen tertentu, lagu-lagu tertentu mungkin melakukan hal yang sama.

2. Musik bisa menjadi terapi

Seperti seni atau drama, musik digunakan sebagai bentuk terapi termasuk untuk orang yang hidup dengan demensia. Musik juga sering digunakan sebagai terapi untuk dan anak-anak dan orang dewasa yang memiliki masalah mental atau masalah perkembangan. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology pada tahun 2013 menemukan bahwa mendengarkan musik yang ceria dapat meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan orang dalam dua minggu.

Ilustrasi Mendengarkan Musik. (freepik)
Ilustrasi Mendengarkan Musik. (freepik)

3. Musik dapat membantu memproses emosi 

Musik dapat membantu kita memproses dan mengekspresikan emosi kita. Baik membuat ceria atau bahagia maupun membuat menangis. 

4. Musik klasik dapat membantu fokus

Berjuang untuk berkonsentrasi jelas bukan hal yang menyenangkan. Orang yang sulit berkonsentrasi bisa berdampak pada stres atau harus bekerja lembur untuk mengejar ketinggalan. Untungnya musik klasik bisa membantu Anda. 

Sebuah studi Universitas Stanford tahun 2007 menemukan bahwa dengan mendengarkan musik klasik, Anda dapat membantu menyerap informasi baru dengan lebih mudah.

5. Musik dapat membantu mengatasi rasa sakit 

Sebuah tinjauan tahun 2015 di The Lancet melihat data dari 73 percobaan yang berbeda pada lebih dari 7000 pasien. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang mendengarkan musik sebelum, selama atau setelah prosedur pembedahan mengalami tingkat kecemasan dan rasa sakit yang lebih rendah selama periode pasca operasi. 

Terapi musik juga dapat bermanfaat bagi orang yang hidup dengan nyeri kronis.

Berita Terkait

Berita Terkini