Info

Sebelum Pakai Menstrual Cup, Yuk Pahami Dulu Kondisi Berikut

Beberapa kondisi perlu dipertimbangkan dalam penggunaan menstrual cup.

Fita Nofiana

Menstrual cup. (Pixabay)
Menstrual cup. (Pixabay)

Himedik.com - Menstrual cup belakangan ini popuer sebagai alternatif pembalut untuk perempuan. Alat ini disebut lebih ramah lingkungan karena tidak sekali pakai. 

Melansir dari Healthshots, menstrual cup adalah produk kebersihan yang dapat digunakan kembali, berbentuk corong, dan terbuat dari karet atau silikon. Alat ini dapat menampung lebih banyak darah daripada metode lain.

Anda bahkan dapat dengan mudah memakainya hingga 12 jam. Tapi, berikut beberapa kondisi yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan menstrual cup, antara lain:

1. Operasi vagina

Jika Anda pernah mengalami operasi vagina dalam jangka waktu terdekat, maka sebisa mungkin hindarilah penggunaan menstrual cup. Tetap gunakan pembalut dan jauhi apapun yang perlu dimasukkan ke dalam vagina Anda setidaknya selama enam minggu setelah operasi.

Penggunaan menstrual cup (Pixabay/PatriciaMoraleda)
Penggunaan menstrual cup (Pixabay/PatriciaMoraleda)

2. Perangkat kontrasepsi

Jika Anda menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD, maka pastikan Anda tidak menggunakan menstrual cup. Secara tidak sengaja, menstrual cup dapat menarik tali IUD Anda dan terkadang melepaskannya. 

3. Alergi silikon

Menstrual cup terbuat dari silikon kelas medis, ini dimaksudkan ke vagina dan tidak memberi rekasi negatif pada tubuh Anda. Tetapi meskipun demikian, beberapa orang masih bisa alergi terhadap silikon dan sebaiknya hindari menstrual cup jika alergi. 

Jika Anda menggunakan menstrual cup, inilah yang perlu Anda lakukan:

  •  Bersihkan dengan benar untuk mencegah infeksi, dan pastikan tidak ada sisa sabun
  • Jangan memakainya lebih dari 12 jam
  • Buka segel dengan mencubit bagian bawah cangkir saat melepas, untuk menghindari tekanan yang tidak perlu pada organ panggul Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini