Info

Ahli Kembangkan Vaksin Covid-19 Lewat Hidung, Ini Kelebihannya!

Para ilmuwan mulai mengembangkan vaksin Covid-19 melalui hidung.

Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Vaksin Covid-19 suntik yang telah disetujui penggunaannya memang terbukti aman dan menawarkan perlindungan yang efektif terhadap virus corona Covid-19.

Tapi, para ilmuwan pun berusaha membuat vaksin Covid-19 melalui hidung. Karena, vaksin hidung dianggap sebagai harapan baru dalam melawan virus corona Covid-19.

Bharat Biotech di Hyderabad yang membuat vaksin Covid-10 Covaxin pun berupaya mengembangkan satu dosis vaksin hidung yang bisa memperkuat kekebalan tubuh seseorang.

Meskipun sejumlah vaksin Covid-19 yang sudah disetujui penggunaannya ini telah melalui banyak evaluasi klinis dan memiliki tingkat kemanjuran yang menjanjikan. Beberapa ahli percaya bahwa vaksin Covid-19 yang diberikan melalui hidung jauh lebih efektif dibandingkan vaksin suntik.

Saat ini dilansir dari Times of India, vaksin Covid-19 yang digunakan berfungsi menambah respons imun seseorang untuk melawan virus corona.

Sementara itu, para ilmuwan telah mengembangkan metode vaksin hidung sejak tahun 2020 lalu. Mereka sedang menjanjikan vaksin hidung ini sebagai dosis penguat.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (Unsplash.com/@3dparadise).
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Unsplash.com/@3dparadise).

Vaksin Hidung

Vaksin hidung atau vaksin intranasal adalah jenis vaksin yang mendorong respons imun ketika baru disuntikan atau dimasukkan melalui hidung, bukan disuntikan ke lengan.

Vaksin hidung ini biasanya diberikan melalui jarum suntik, semprotan hidung atau pengiriman aerosol yang disuntikan langsung ke rongga hidung.

Meskipun vaksin hidung ini termasuk konsep baru, tapi vaksin Covid-19 hidung lebih menargetkan sel-sel kekebalan yang ada di saluran pernapasan di sepanjang lapisan hidung dan menciptakan respons kekebalan yang efektif untuk menghasilkan antibodi kuat.

Ada banyak data yang telah mendukung penggunaan dan pemberian vaksin intranasal dibandingkan vaksin suntik. Dalam perjuangan kolektif kita melawan virus corona, vaksin hidung tidak hanya menjadi harapan tetapi juga terbukti sangat ampuh dan membantu dalam memerangi virus corona Covid-19.

Menurut para ahli dan studi klinis yang sedang dilakukan, salah satu alasan utama vaksin hidung menawarkan perlindungan lebih kuat. Karena, vaksin ini menargetkan langsung ke sel-sel kekebalan yang ada di rongga hidung.

Ketika vaksin disuntikkan ke dalam hidung, vaksin akan menargetkan sel-sel kekebalan yang ada bersama dengan lendir, yang mana menjadi area paling banyak mencakup virus corona Covid-19.

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa vaksinasi hidung bisa sangat mirip dengan apa yang dirasakan kekebalan alami, sehingga vaksin Covid-19 jenis ini bisa menjangkau lebih banyak orang untuk vaksinasi.

Berita Terkait

Berita Terkini