Info

Alih-alih Rebahan, Rasakan 5 Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan Malam!

Olahraga jalan kaki setelah makan malam bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi jalan kaki, berjalan (pixabay/MabelAmber)
Ilustrasi jalan kaki, berjalan (pixabay/MabelAmber)

Himedik.com - Olahraga pagi dan malam hari sangat baik untuk menjaga kesehatan, bahkan olahraga ringan setelah makan malam.

Anda bisa olahraga jalan kaki atau apapun setelah makan malam. Olahraga jalan kaki setelah makan malam bisa membantu meningkatkan kesenjangan waktu antara waktu tidur dan makan malam.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa manfaat kesehatan dari olahraga jalan kaki setelah makan malam.

1. Meningkatkan pencernaan

Berjalan setelah makan malam memungkinkan tubuh memproduksi lebih banyak enzim lambung dan memungkinkan perut mengasimilasi nutrisi yang telah diserapnya. Olahraga ringan ini bisa meningkatkan pencernaan dan mengurasi rasa kembung, sembelit, dan memberikan relaksasi dari masalah perut lainnya.

Ilustrasi pencernaan (shutterstock)
Ilustrasi pencernaan (shutterstock)

2. Meningkatkan metabolisme

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan metabolisme adalah berjalan setelah makan malam daripada berbaring. Olahraga ringan setelah makan malam membantu membakar lebih banyak kalori ketika istirahat dan menjaga tubuh dalam kondisi baik. Artinya, berjalan setelah makan malam juga bermanfaat untuk menjaga berat badan.

3. Meningkatkan kekebalan

Berjalan setelah makan malam meningkatkan pencernaan dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sehingga, olahraga ringan ini bisa membuat organ internal Anda bekerja lebih baik dan meningkatkan kekebalan. Kekebalan yang kuat akan membantu menjauhkan berbagai infeksi, termasuk virus corona Covid-19.

4. Mengatur kadar gula darah

Kadar gula darah akan mengalami peningkatan sekitar 30 menit setelah makan. Tapi, olahraga ringan seperti berjalan setelah makan malam bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

5. Tidur lebih nyenyak

Jalan kaki setelah makan malam juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Jika Anda sering sulit tidur di malam hari, Cobalah untuk berjalan-jalan setiap malam setelah makan. Berjalan bisa membantu tubuh lebih rileks dan tidur lebih cepat.

Berita Terkait

Berita Terkini