Info

Bantu Jaga Kesehatan Jantung, Konsumsi Cokelat. Yogurt, dan Keju

Beberapa makanan susu olahan ternyata meski berlemak bisa menjaga kesehatan jantung.

Fita Nofiana

Yogurt. (pixabay)
Yogurt. (pixabay)

Himedik.com - Bukti baru menunjukkan bahwa makanan seperti keju, cokelat, dan yogurt  memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.  Hal ini dinyatakan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Cardiovascular Research.

Melansir dari Insider, beberapa produk susu penuh lemak dalam jumlah sedang dapat membantu melindungi jantung Anda.

Para peneliti dari University of Naples meninjau hampir 100 studi tentang hubungan antara risiko penyakit jantung dan kebiasaan makan. Mereka berfokus pada kategori makanan tertentu, seperti daging merah, unggas, telur, susu, produk, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Temuan mereka menunjukkan bahwa makan yogurt dan keju dalam jumlah kecil secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, hal ini mungkin karena proses fermentasi yang terlibat dalam makanan tersebut.

Sejumlah kecil cokelat juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Para peneliti menemukan makan hingga 200 gram produk susu per hari tidak terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, meskipun ada data terbatas tentang konsumsi tinggi.

Berlawanan dengan teori lama bahwa kandungan lemak jenuh yang tinggi berisiko bagi kesehatan jantung, penelitian saat ini menemukan jenis susu tertentu tampaknya memiliki efek perlindungan.

Misalnya, orang yang mengonsumsi setidaknya satu porsi 200 gram atau tiga perempat cangkir yogurt per hari memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada orang yang tidak makan yogurt.

Ilustrasi Cokelat (freepik)
Ilustrasi Cokelat (freepik)

Keju juga ditemukan bermanfaat dalam jumlah sedang, hingga 50 gram (sekitar dua setengah iris atau sepertiga dari secangkir keju parut) per hari.

Sedikit cokelat juga setiap hari dapat melindungi jantung Anda. Studi ini juga menemukan hubungan kecil namun signifikan antara makan cokelat secara teratur dan risiko penyakit jantung yang sedikit lebih rendah.

Makan antara 20 gram hingga 45 gram cokelat sehari, antara setengah hingga 1,5 ons cokelat batangan ditemukan memiliki manfaat paling banyak. Namun makan lebih banyak tidak terkait dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

Peneliti merekomendasikan 10 gram cokelat sehari untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan atau kalori berlebih yang bisa mengimbangi manfaatnya bagi kesehatan jantung.

Dalam penelitian ini, bukti menunjukkan senyawa spesifik dalam kakao yang disebut flavanol yang terkait dengan manfaat kesehatan jantung dari cokelat.

Berita Terkait

Berita Terkini