Info

Mau Kulit Sehat dan Glowing, Coba Konsumsi Makanan Sehat Berikut

Beberapa jenis makanan berikut bisa Anda konsumsi untuk menyehatkan kulit Anda.

Fita Nofiana

Ilustrasi makan buah. (pixabay)
Ilustrasi makan buah. (pixabay)

Himedik.com - Kulit sehat tak hanya bisa diraih dengan skin care yang Anda gunakan. Namun juga makanan yang Anda konsumsi. 

Melansir dari US News, makan makanan yang kaya akan lima nutrisi utama berikut dapat membantu Anda memiliki kulit yang lembut, bercahaya, dan sehat, antara lain:

1. Omega-3 

Omega-3 biasanya dikaitkan dengan kesehatan otak dan jantung serta menurunkan tekanan darah, namun kandungan ini ternyata juga baik untuk kulit.  

"Omega-3 juga dapat mengurangi peradangan dan menjaga kelembapan kulit Anda,"  kata ahli diet klinis Margaret Ifarraguerri, dari Rumah Sakit Sinai Baltimore di LifeBridge Health. rilis berita.

Omega 3 ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, mackerel, tuna, herring dan sarden dan juga dalam biji rami, biji chia, dan kenari.

2. Vitamin C

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen, protein yang membantu menyembuhkan luka, dan penting untuk produksi sel kulit.

Beberapa sumber vitamin C terbaik adalah buah jeruk seperti jeruk dan jeruk bali serta tomat, beri, paprika dan buah kiwi.

3 Efek Bahaya Kelebihan Vitamin C
3 Efek Bahaya Kelebihan Vitamin C


3. Vitamin A

Antioksidan ini sangat penting dalam mendorong pertumbuhan sel kulit dan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet (UV), terutama selama musim semi dan musim panas ketika sinar UV matahari paling intens.

Anda akan menemukan jumlah vitamin A yang baik dalam sayuran berdaun hijau (termasuk brokoli), wortel, ubi jalar, dan labu.

4. Vitamin E 

Vitamin ini juga bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar UV. Kekurangan vitamin E juga dikaitkan dengan kulit kering.

Makanan kaya vitamin E termasuk almond, hazelnut dan selai kacang. Minyak nabati, termasuk minyak safflower, bunga matahari dan gandum, adalah sumber yang baik lainnya.

5. Zinc 

Mau Kulit Sehat dan Glowing, Coba Konsumsi Makanan Sehat Berikut - 2


Mineral ini adalah nutrisi penting untuk penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit.

Kacang panggang, daging babi dan sapi adalah salah satu sumber makanan yang baik dari seng, dan tiram memiliki lebih banyak seng per porsi daripada makanan lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini