Info

Virus Corona Covid-19 Bisa Menular Lewat Air Mata, ini Saran Ahli!

Para ahli mengatakan virus corona Covid-19 bisa menular melalui air mata.

Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi air mata - (Unsplash/Luis Galvez)
ilustrasi air mata - (Unsplash/Luis Galvez)

Himedik.com - Virus corona Covid-19 adalah penyakit sistem pernapasan bagian atas yang menular melalui tetesan cairan pernapasan ketika orang yang terinfeksi bersin, batuk atau berbicara.

Tapi, virus corona Covid-19 ini terus bermutasi dan berevolusi. Banyak cara penularan yang baru. Penelitian terbaru menemukan bahwa virus corona Covid-19 tidak hanya menular melalui tetesan cairan tubuh ketika bersin atau batuk.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Government Medical College Amritsar telah menemukan bahwa air mata berpotensi menularkan virus corona Covid-19 pada orang sehat.

Menurut penelitian baru dilansir dari Times of India, para ahli telah menemukan sampel yang dikumpulkan dan diuji untuk mengetahui penularan virus corona Covid-19 menunjukkan 1,75 persen kasus virus corona ditularkan melalui air mata.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengevaluasi keberadaan virus corona pada air mata pasien Covid-19 yang terinfeksi, bahkan jika mereka tidak menunjukkan manifestasi ocular.

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Ophthalmology mengungkapkan bahwa virus corona Covid-19 bisa menular melalui air mata.

Berdasarkan temuan baru ini, para ahli juga memperingatkan bahwa masih ada kemungkinan cara penularan virus corona yang lebih baru dan lain sehingga perlu diwaspadai.

Karena itu, ahli kacamata, dokter mata, dan orang-orang yang bekerja di bidang kecantikan perlu mewaspadai risiko penularan virus corona Covid-19 ini melalui mata.

Meskipun hanya ada sedikit penelitian yang mengindikasikan penularan virus corona melalui air mata, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ada berbagai jenis virus yang terperangkap di mata.

Para ahli menyarankan bahwa jaringan bening yang menutupi area putih mata dan garis bagian dalam kelopak mata dapat terinfeksi oleh virus flu biasa dan herpes.

Hal itu bisa terjadi, karena mata terpapar virus corona langsung ketika terkena droplet yang dihasilkan dari batuk, bersin dan berbicara. Selain itu, kebanyakan orang memiliki kebiasaan menggosok dan menyentuh mata tanpa mencuci tangan.

Penyebaran virus corona Covid-19 melalui mata pun sama seperti melalui tetesan pernapasan. Menyentuh air mata orang yang terinfeksi atau permukaan tempat tetesan itu mendarat bisa menyebabkan seseorang terinfeksi virus corona Covid-19.

Meskipun konjungtivitis (mata merah) adalah gejala virus corona Covid-19 yang menonjol. Tapi, tak semua orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 mengembangkan gejala tersebut.

Walaupun penularan virus corona Covid-19 melalui air mata cukup rendah. Ada beberapa hal yang lebih baik dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus corona.

  1. Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau bagian dalam siku ketika batuk atau bersin
  2. Jangan menyentuh mata ketika terinfeksi virus corona
  3. Segera buang tisu setelah Anda menggunakannya ketika bersin
  4. Cuci tangan pakai air dan sabun selama 30 detik setelah menyentuh permukaan dan sebelum menyentuh wajah serta makan
  5. Bersihkan tangan pakai hand sanitizer setidaknya dengan kandungan alkohol 70 persen
  6. Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit
  7. Pakai masker di tempat umum
 

Berita Terkait

Berita Terkini