Info

Amankah Minum Obat Parasetamol Saat Perut Kosong? ini Kata Ahli!

Banyak orang mungkin mengira minum obat parasetamol harus setelah makan atau tidak boleh perut kosong.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi obat parasetamol (Pexels)
Ilustrasi obat parasetamol (Pexels)

Himedik.com - Parasetamol adalah kelompok obat analgesik yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Kebanyakan orang biasanya minum parasetamol untuk mengatasi rasa sakit, sakit kepala, nyeri haid, sakit punggung, sakit gigi dan gejala pilek.

Obat parasetamol bisa dikonsumsi oleh semua orang yang berusia 10 tahun ke atas dan tidak alergi terhadap obat tersebut. Khususnya, obat bisa diberikan pada orang yang memang membutuhkan obat penghilang rasa sakit atau mengatasi pilek.

Selain sakit dan nyeri, obat parasetamol juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan suhu tubuh dan biasanya bekerja dalam waktu satu jam. Anda bisa membeli obat parasetamol sendiri atau mengkombinasikannya dengan obat penghilang rasa sakit dan anti sakit lainnya.

Umumnya, obat parasetamol juga ada dalam kandungan obat untuk pilek atau flu. Karena dosisnya kadang bervariasi pada setiap merek, Anda harus membaca tabel instruksi secara cermat sebelum mengonsumsi obat parasetamol.

Ada banyak merek obat parasetamol, termasuk Disprol, Hedex, Medinol dan Panadol. Tapi yang terpenting adalah Anda tidak boleh mengonsumsi obat parasetamol dengan obat lain yang mengandung parasetamol.

Ilustrasi obat parasetamol. (Pixabay)
Ilustrasi obat parasetamol. (Pixabay)

Kebanyakan orang bisa mengonsumsi obat parasetamol dengan aman, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Tapi dilansir dari Express, beberapa orang perlu ekstra hati-hati minum obat parasetamol karena berisiko mengalami alergi.

Orang yang memiliki masalah hati atau ginjal, kebiasaan minum alkohol dalam jumlah maksimum dalam seminggu, minum obat epilepsy atau TBC atau minum warfarin pengencer darah perlu hati-hati minum obat parasetamol.

Anda juga bisa boleh minum alkohol ketika mengonsumsi obat parasetamol. Karena, kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko efek samping, seperti pembengkakan pada tangan, kaki, wajah, bibir atau tenggorokan, kesulitan bernapasan, dan ruam gatal.

Obat parasetamol pun tersedia untuk anak-anak tergantung pada usianya. Anda juga bisa konsultasi dengan profesional medis sebelum memberikan obat parasetamol untuk anak.

Tapi, bolehkah minum obat parasetamol saat perut kosong?

Obat parasetamol bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makan terlebih dahulu. Anda bisa makan dan minum ketika mengonsumsi obat parasetamol secara normal.

NHS menjelaskan bahwa Anda bisa mengonsumsi obat parasetamol dalam kondisi perut kosong, tetapi tidak dengan ibuprofen.

Obat parasetamol tidak akan mengiritasi lapisan lambung sehingga tidak masalah bila mengonsumsi sebelum makan. Namun, obat ibuprofen, aspirin, dan obat anti-inflamasi lainnya bisa mengiritasi lapisan lain sehingga tidak dianjurkan untuk meminumnya dalam kondisi perut kosong.

Berita Terkait

Berita Terkini