Info

WHO: India Diprediksi akan Capai Herd Immunity Pada Akhir Tahun 2021

China sebagai sumber wabah virus corona Covid-19 diperkirakan akan mencapai herd immunity pada akhir tahun 2021.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Pixabay)

Himedik.com - Setelah hampir 2 tahun pandemi virus corona Covid-19 berlalu, China diperkirakan akan mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok pada akhir tahun 2021 ini. Cakupan vaksinasi di China juga diperkirakan akan mencapai 80 persen.

Zhong Nanshan, pakar pernapasan terkemuka China, mengatakan negara diperkirakan akan mencapai herd immunity pada Desember 2021 nanti.

Pencapaian kekebalan kelompok ini tergantung pada efikasi vaksin Covid-19 dan penularan virus corona Covid-19.

Ia menjelaskan bahwa sekarang ini vaksin Covid-19 yang dikembangkan China memiliki tingkat kemanjuran sekitar 70 persen.

Sehingga, China membutuhkan lebih dari 80 persen populasi untuk vaksinasi sebelum membentuk herd immunity.

Tapi, Zhong mengatakan China membutuhkan setidaknya 2 hingga 3 tahun kolaborasi global untuk membangun herd immunity di seluruh dunia.

Para ahli mengatakan kekebalan kelompok terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap suatu penyakit, sehingga membuat penyebaran virus dari orang ke orang tidak mungkin terjadi.

Ilustrasi Vaksin Covid-19, Herd Immunity (Pexels/Gustavo)
Ilustrasi Vaksin Covid-19, Herd Immunity (Pexels/Gustavo)

Terkait dengan kemunculan virus corona Covid-19 varian Delta yang menimbulkan kekhawatiran, Zhong mengatakan vaksin Covid-19 buatan China masih sangat efektif meskipun tingkat kemanjurannya sedikit berkurang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emerging Microbes Infections telah membandingkan pasien yang sudah vaksinasi dan belum.

Mereka menemukan bahwa vaksin Covid-19 memiliki tingkat perlindungan secara menyeluruh hampir 60 persen terhadap varian Delta, 70 persen terhadap gejala sedang, dan 100 persen terhadap kasus infeksi parah.

Zhong juga mengutip studi di Chili dan Turki, yang keduanya menunjukkan vaksin Covid-19 buatan China tergolong aman dan efektif dalam melawan varian virus corona.

Studi awal di Israel, yang memiliki tingkat vaksinasi tertinggi di dunia, menemukan bahwa tingkat kemanjuran vaksin Pfizer pun menurun dari 95 menjadi 39 persen setelah sekitar enam bulan.

AS juga melihat rebound dalam kasus infeksi virus corona yang dikonfirmasi pada bulan Agustus 2021, yang mana menunjukkan tingkat perlindungan dari vaksin Covid-19 biasanya akan menurun setelah 6 bulan.

"Pada vaksin Covid-19 yang tidak aktif dan mRNA mengalami penurunan substansial dalam fungsi kekebalan 6 bulan setelah vaksinasi. Karena itu, berbagai negara sedang berupaya memperkuat perlindungan tersebut," kata Zhong dikutip dari CGTN.

Berdasarkan data penelitian domestik terbaru, Zhong mengatakan tingkat antibodi terhadap virus corona akan meningkat lebih dari 10 kali lipat setelah seseorang mendapatkan suntikan penguat vaksin Covid-19.

Bahkan, kadar antobodi akan tetap pada tingkat yang relatif tinggi selama 6 bulan.

"Sepertinya cara yang sangat menjanjikan untuk meningkatkan kekebalan adalah perlunya suntikan penguat vaksin Covid-19," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini