Info

Mudah dan Sederhana, Coba 3 Perubahan Gaya Hidup untuk Turunkan Kadar Gula

Berikut beberapa perubahan pola gaya hidup yang perlu Anda lakukan untuk mengotrol kadar gula darah.

Fita Nofiana

Ilustrasi makanan rendah karbohidrat. (shutterstock)
Ilustrasi makanan rendah karbohidrat. (shutterstock)

Himedik.com - Menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes agar tetap stabil memang sangat penting. Banyak metode yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap pada garis aman. 

Melansir dari India Express, ahli diet Mansi Padechia dari India menyatakan bahwa ada beberapa perubahan gaya hidup sederhana yang bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

“Apakah Anda bingung dengan banyak informasi tentang diabetes? Inilah yang perlu Anda lakukan,” catat Padechia  dalam akun instagramnya. Berikut tiga perubahan gaya hidup yang bisa mengontrol kadar gula darah, antara lain:

1. Jalan Kaki

Berjalanlah selama 15 menit setelah makan bisa membantu Anda mengontrol kadar gula darah. Ini akan membuat perbedaan besar dalam hal mengelola kadar gula Anda. 

Tubuh Anda menyerap sebagian besar gula usai makan, sehingga bergerak dengan berjalan kaki bisa membantu. 

Ilustrasi jalan kaki. (Shutterstock)
Ilustrasi jalan kaki. (Shutterstock)


2. Dahulukan Makan Protein

Makan protein dulu sebelum karbohidrat bisa membuat Anda lebih kenyang. Dengan begitu Anda bisa makan lebih sedikit dan memiliki lebih sedikit lonjakan gula. 

3. Makanan Sehat

Sertakan makanan yang membantu mengelola diabetes. Sebab bagaimanapun asupan yang Anda konsumsi akan sangat berpengaruh pada lonjakan kadar gula darah Anda. Menurut Padechia, berikut beberapa makanan yang bisa mengontrol kadar gula darah Anda, antara lain:

  • Teh kamomil
  •  Apel
  • Kacang polong
  • Kacang almond
  • Bayam
  • Biji chia
  • Kunyit

Berita Terkait

Berita Terkini