Info

Awas, Konsumsi 4 Asupan Berikut saat Perut Kosong Bisa Picu Masalah

Empat makanan berikut bisa picu masalah kalau dikonsumsi saat perut kosong.

Fita Nofiana

Jus jeruk. (pixabay)
Jus jeruk. (pixabay)

Himedik.com - Beberapa makanan perlu Anda hindari saat perut kosong. Misalnya,  konsumsi kafein dalam kondisi perut kosong mungkin menyebabkan masalah pencernaan. Itulah sebabnya, kafein sebaiknya dihindari saat perut kosong.

Melansir dari India Express, peneliti kesehatan Dr Kriti Soni baru-baru ini membagikan beberapa hal yang harus dihindari saat perut kosong.

"Segala sesuatu yang kita lakukan memengaruhi tubuh kita dengan cara tertentu. Namun, kesehatan kita paling rentan saat perut kosong," kata dokter Soni.  

"kita membutuhkan makanan yang dapat diubah menjadi energi dan nutrisi dalam hitungan detik dan itulah mengapa menjadi lapar," imbuhnya. 

Berikut beberapa asupan yang perlu Anda hindari saat perut kosong, antara lain:

Ini yang bikin mata melek selama bekerja
Ini yang bikin mata melek selama bekerja

1. Kopi

Kopi bahkan tanpa kafein cenderung membuat asam lambung dan dapat menyebabkan mulas atau masalah pencernaan lainnya jika dikonsumsi saat perut kosong. 

Jika Anda memiliki kebiasaan melewatkan sarapan pagi dan minum kopi sebagai gantinya, itu dapat mengakibatkan penurunan produksi serotonin dan membuat suasana hati Anda turun sepanjang hari.

2. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet menghasilkan asam pencernaan yang dapat merusak lapisan halus perut Anda. Jika Anda memiliki terlalu banyak permen karet saat perut kosong, maka dapat menyebabkan gastritis.

Mengunyah permen karet dipercaya dapat membakar kalori. (shutterstock)
Mengunyah permen karet dipercaya dapat membakar kalori. (shutterstock)

3. Alkohol

Saat Anda lapar, tubuh cenderung menyerap apapun yang Anda konsumsi lebih cepat. Akibatnya, ketika Anda minum alkohol, penyerapannya akan meningkat dan terjadi dua kali lebih cepat. 

"Bahkan proses pembuangan alkohol dalam tubuh (saat perut kosong) akan melambat dan akan menyebabkan hangover yang mengerikan serta meningkatkan efek alkohol pada jantung, ginjal, dan hati Anda," kata Soni.

4. Jus jeruk

Makanan jeruk memiliki serat keras dan basa asam yang dapat menyebabkan iritasi pada perut Anda. Ini dapat menyebabkan gastritis atau membuat Anda rentan terhadapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini