Info

Awas, Permasalahan Kulit Kepala Bisa Jadi Tanda 5 Masalah Kesehatan Ini!

Ada beberapa permasalahan kulit kepala yang bisa menandakan masalah kesehatan tertentu.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kulit kepala gatal dan bersisik. [Shutterstock]
Ilustrasi kulit kepala gatal dan bersisik. [Shutterstock]

Himedik.com - Permasalahan pada kulit kepala bisa menggambarkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya, kulit kepala yang gatal akibat ketombe atau sampo bisa menyebabkan iritasi.

Sebagian besar masalah rambut dan kulit kepala biasanya tidak serius. Meskipun, beberapa kondisi kulit kepala bisa menjadi pertanda masalah kesehatan lain, seperti perubahan hormonal dan penambahan berat badan.

Selama pandemi virus corona Covid-19, banyak orang mengeluhkan masalah kulit kepala.

Banyak kondisi ini disebabkan oleh stres, tetapi juga terungkap bahwa kerontokan rambut adalah gejala lain virus corona Covid-19.

Kondisi ini dikenal sebagai telogen effluvium (TE), yakni ketika seseorang mengalami kerontokan rambut untuk sementara waktu. Dokter mengatakan kondisi itu biasanya terjadi bila pasien mengalami situasi stres.

TE terjadi ketika jumlah folikel di kulit kepala berubah. Berikut ini dilansir dari The Sun, beberapa masalah kesehatan yang bisa terdeteksi dari permasalahan kulit kepala.

Ilustrasi Vitamin (freepik)
Ilustrasi Vitamin (freepik)

1. Kekurangan vitamin

Stephanie Sey, ahli trikologi untuk Nizoral mengatakan permasalahan pada kulit kepala bisa menandakan kekurangan vitamin.

Karena itu, ia sering menyarankan diet seimbang, yang artinya seseorang mengonsumsi vitamin dan mineral yang benar.

Seseorang mungkin kekurangan nutrisi tertentu, seperti zat besi atau vitamin D.

Stephanie Sey juga mengatakan kekurangan vitamin B6 dan B12 bisa menyebabkan kulit kepala kering. Sedangkan, vitamin B7 dan B2 membantu menjaga kesehatan kulit.

Jika Anda menderita masalah tiroid, Anda perlu mengonsumsi suplemen tersebut karena masalah kesehatan ini bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Apalagi masalah kerontokan rambut ini bisa mempengaruhi seluruh kulit kepala dan menghambat produksi sel-sel rambut sehat.

2. Jamur

Jika Anda menderita kulit kepala berminyak atau berketombe, maka Anda mungkin memiliki jamur. Kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan sampo khusus.

Seorang ahli mengatakan ketombe paling sering disebabkan oleh mikroorganisme yang disebut Malassezia Furfur, yakni jamur yang selalu ada di kulit kepala.

Sara Alkazraji, manajer pendidikan di Institut Trikologi dan pemilik Klinik Trikologi Ilkley Moor mengatakan perubahan pada kulit kepala seperti produksi sebum ekstra menghasilkan lingkungan optimal untuk pertumbuhan jamur yang sering mengakibatkan iritasi, gatal, dan peradangan.

3. Stres

Eva Proudman, ahli trikologi di Absolute Collagen yang memiliki pengalaman lebih dari 18 tahun mengatakan, stres akibat pandemi telah menyebabkan banyak efek samping, termasuk nyeri otot, fluktuasi berat badan, dan yang terbaru, dan rambut rontok.

"Rambut rontok adalah salah satu kondisi paling umum yang terjadi setelah stres berkepanjangan, di mana orang menderita kerontokan rambut yang berlebihan dan kehilangan kepadatan rambut," ata Eva.

4. Perubahan berat badan

Jika Anda menderita kulit kepala yang terkelupas atau gatal, itu mungkin disebabkan oleh pola makan.

Diet seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, lemak sehat, protein, serat, vitamin dan mineral adalah pola makan terbaik untuk kesehatan rambut.

Konsumsi makanan yang kaya sayuran segar, daging dan buah juga mendukung pertumbuhan rambut yang sehat dan tebal.

Berbeda dengan makanan olahan dan cepat saji yang biasanya sangat sedikit nutrisinya.

"Rambut adalah sistem terakhir dalam tubuh Anda untuk menerima nutrisi. Jika tubuh tidak menerima nutrisi dalam jumlah cukup, maka rambut Anda akan terkena dampaknya," kata Stephanie.

5. Perubahan hormon

Jika Anda mengalami kulit kepala yang gatal, ini bisa jadi karena perubahan hormonal. Dr Johanna Ward, Pendiri ZENii.co.uk mengatakan kulit kepala Anda berhubungan dengan stres dan penyakit.

Stres memiliki dampak besar pada tubuh kita melalui aksi hormon stres utama tubuh adrenalin, noradrenalin dan kortisol.

Hormon-hormon ini semuanya memiliki interaksi kompleks dengan jutaan sel dalam tubuh kita dan membawa sinyal yang secara mendasar mengubah cara sel kita berperilaku.

Pelepasan hormon stres akan mengirimkan sinyal kimia ke kulit, rambut, dan kulit kepala.

Berita Terkait

Berita Terkini