Info

Menstruasi Bikin Kehilangan Darah Berlebih, Ahli Sarankan Asupan Berikut

Berikut beberapa saran ahli untuk membantu Anda yang sedang menstruasi.

Fita Nofiana

Ilsutrasi menstruasi - (Shutterstock)
Ilsutrasi menstruasi - (Shutterstock)

Himedik.com - Menstruasi tentu saja membuat perempuan kehilagan darah yang pada akhirnya dapat menyebabkan kekurangan zat besi dan masalah kesehatan yang terkait lainnya. 

"Kekurangan zat besi dan anemia dapat memiliki berbagai penyebab tetapi kehilangan darah selama menstruasi jelas merupakan faktor utama. Jadi, pada hari-hari ketika seorang perempuan sedang menstruasi, dia harus makan makanan kaya zat besi dan juga memastikan bahwa dia mengonsumsi makanan yang membantu penyerapan zat besi," ujar Deepti Khatuja, Clinical Nutrition and Dietetics, Fortis Memorial Research Institute seperti yang dikutip dari Healthshots.

Dalam persoalan menstruasi, Deepti Khatuja menyarankan beberapa makanan berikut, antara lain:

1. Jaggery

Jaggery gula tradisional India adalah produk gula mentah yang kaya akan zat besi. Zat besi membantu sel darah merah untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda, sehingga meningkatkan kekebalan. 

Jaggerry juga menawarkan mineral dan serat penting yang dapat dikonsumsi dengan teh, dan ditambahkan ke makanan sebagai pemanis.

2. Bayam

Mengonsumsi bayam akan memberi Anda zat besi dan vitamin C yang membantu menyerap zat besi. 

Bayam dapat digunakan untuk membuat sup dan hidangan gurih dan akan membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dengan mengurangi peradangan, dan meningkatkan tingkat kekebalan.

Ilustrasi bayam (Pixabay/kaboompics)
Ilustrasi bayam (Pixabay/kaboompics)

3. Kala chana

Kala chana dapat ditemukan di sebagian besar dapur India dan memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Rempah ini juga merupakan sumber protein yang baik dan dapat meningkatkan tingkat energi pada wanita yang sedang menstruasi.

Ahli merekomendasikan menggunakan kala chana dalam sup dan sebagai hidangan saus.

Selain mengonsumsi makanan kaya zat besi, Khatuja juga menyarankan mengonsumsi makanan yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Di sinilah makanan kaya vitamin C sangat penting. 

Sebagai catatan dia menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi atau teh, saat menstruasi. "Komponen teh dan kopi mungkin tidak membantu dalam hal penyerapan zat besi," Khatuja.

Berita Terkait

Berita Terkini