Info

Bernyanyi Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini, Sudah Tahu?

Kebiasaan bernyanyi sendirian memiliki dampak yang positif bagi kesehatan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi bernyanyi.
Ilustrasi bernyanyi.

Himedik.com - Banyak orang mungkin memiliki kebiasaan bernyayi atau tiba-tiba menyenandungkan lagu ketika sedang sendiri. Ternyata, kebiasaan bernyanyi sendirian ini memiliki dampak yang positif bagi kesehatan

Bukti ilmiah yang dikutip dari Healthline menyebut bahwa menyanyi dapat menyehatkan tubuh serta pikiran. Bila Anda suka menyanyi sendirian di rumah, ini ada lima manfaatnya yang bagus untuk kesehatan Anda.

1. Mampu meredakan stres
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017, menyebut bernyanyi dapat meredakan stres. Baik itu bernyanyi sendirian maupun secara berkelompok.

Tak hanya itu, survei yang dilakukan lewat air liur peserta sebelum dan sesudah bernyanyi, menemukan adanya jumlah kortisol yang rendah. Di mana ini terbukti dapat meredakan stres.

2. Merangsang respon imun
Beberapa bukti menyebut bernyanyi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melawan serta melindungi dari berbagai macam penyakit. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 coba membandingkan efek bernyanyi dengan efek mendengarkan musik.

Keduanya dilakukan secara terpisah, di mana temuannya mengungkap bernyanyi menunjukkan tingkat immunoglobulin A yang tinggi. Sedangkan mendengarkan musik dapat mengurangi hormon stres, namun tidak merangsang sistem kekebalan tubuh.

3. Mengembangkan hubungan
Saat Anda bernyanyi dengan orang lain, kemungkinan besar Anda akan mengembangkan hubungan persahabatan.

Lewat studi yang dilakukan pada tahun 2014 dengan melibatkan 11.258 anak sekolah, menemukan mereka yang hobi bernyanyi dapat meningkatkan hubungan sosial yang kuat dari kegiatan bernyanyi secara berkelompok.

4. Meningkatkan memori pada penderita demensia
Sebuah penelitian menunjukkan, orang dengan kondisi demensia dapat mengingat lirik lagu saat mereka bernyanyi. Tak hanya itu, lewat lagu yang mereka nyanyikan dapat membawa kembali tentang kenangan hidup yang sempat dilupakan. Tentunya, dampak ini dapat meningkatkan memori mereka.

5. Meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati
Studi yang dilakukan pada tahun 2018 di Inggris Raya lewat proyek The Sing Your Heart Out, menemukan bahwa peserta yang bernyanyi dapat meningkatkan kesehatan mental, suasana hati, rasa sejahtera, serta perasaan memiliki.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini